Jangan Panik Dulu! Lakukan Ini Ketika HP Android Kamu ‘Hang’

Lakukan Ini Ketika HP Android Kamu 'Hang'
Lakukan Ini Ketika HP Android Kamu 'Hang'

KECEHINTECH – Google melansir bahwa ada lebih dari tiga miliar perangkat Android aktif di seluh dunia, termasuk smartphone di dalamnya. Banyaknya perangkat aktif Android yang ada diseluruh dunia menunjukkan bahwa produsen dan pelanggang sangat menyukai sistem Android selama bertahun-tahun. Hal ini membuat perusahaan harus selalu berinovasi dalam memodifikasi kode open-source Android untuk membuat smartphone-nya terasa berbeda.

Namun, memang tidak semua smartphone Android memiliki perangkat keras yang sama. Beberapa menghadirkan chipset andalan kelas atas, dan yang lain hadir dengan spesifikasi entry-level (rendah)

Dalam jangka panjang, smartphone Android dengan perangkat keras spesifikasi rendah akan mulai mengalami masalah, seperti tidak berfungsi dengan baik, ‘hang’ saat sedang mengangkat panggilan dan membuka aplikasi. Saat layar smartphone Android sedang ‘hang’, smartphone tidak akan merespon sentuhan apapun. Hal tersebut tentunya akan membuat pengguna panik.

Saat smartphone Android kamu ‘hang’, jangan panik. Lakukan beberapa cara di bawah untuk memperbaikinya.

Restrart dan Cek Penyimpanan

Me-restart smartphone Android kamu, adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan saat mengalami ‘hang’. Seperti yang direkomendasikan oleh Google, menekan tombol power selama 30 dekit bisa dilakukan untuk me-restart smartphone milik kamu. Setelah hidup kembali, jangan buru-buru menggunakannya berikan beberapa waktu untuk smartphone dapat menjalankan fungsi sistem kembali.

Baca Juga :   Microsoft Ingin Copilot AI-nya Menjadi Penyedia Belanja Pribadi Anda

Jika smartphone kamu sering ‘hang’, kamu bisa mempertimbangkan untuk memeriksa ruang penyimpanan. Kosongkan dan hapus beberpa file yang tidak diperlukan jika ruang penyimpanan kamu penuh.

  1. Hapus beberapa foto dan screenshots, jika ada, hapus juga offline storage Google Photo yang kamu miliki.
  2. Hilangkan film dan web series yang mungkin pernah kamu unduh.
  3. Uninstall aplikasi yang jarang kamu gunakan.
  4. Bersihkan memori secara berkala, dengan menutup semua aplikasi setelah digunakan.

Cek OS dan Pembaruan Aplikasi

 

Saat smartphone Android milik kamu ‘hang’, ada kemungkinan OS atau sistem operasinya sedang bermasalah. Namun tak jarang, hal tersebut juga disebabkan oleh pembaruan aplikasi atau update. Periksa pembaruan OS yang dimiliki smartphone untuk meningkatkan kinerjanya. Lakukan hal-hal dibawah ini untuk memeriksa pembaruan OS.

  1. Buka bagian Notifikasi.
  2. Masuk ke bagian Pengaturan.
  3. Lalu, tekan Pembaruan Sistem.
  4. Bagian Pembaruan Sistem akan menginformasikan pembaruan atau update jika memang tersedia. Install pembaruan jika dibutuhkan.

Untuk melakukan pembaruan aplikasi, lakukan langkah dibawah ini.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Tekan ikon Profil di pojok kanan.
  3. Lalu, tekan Manage Apss & Devices.
  4. Tekan update untuk semua aplikasi yang tersedia.
Baca Juga :   Mari Kita Pahami Rem Sepeda Motor Anda Fungsi Rem Cakram

Factory Reset

Cara terakhiir yang bisa dilakukan saat smartphone Android kamu ‘hang’ adalah mengembalikannya ke setelan pabrik. Proses factory reset akan menghapus semua data, informasi, dan juga aplikasi yang sebelumnya sudah ada. Maka, sangat disarankan untuk mem-back up data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Lakukan cara berikut untuk melakukan factory reset.

  1. Masuk ke menu Pengaturan Aplikasi.
  2. Tekan pilihan Riset dan tekan Factory Reset.
  3. Konfirmasi pilihan kamu dengan menekan Hapus Semua Data.
  4. Factory reset akan membutuhkan beberapa waktu sampai smartphone kembali menyala dan dapat digunakan.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan saat kamu mengalami ‘hang’ pada smartphone Android, maka jangan panik. Namun, jika kamu merasa kurang yakin, kamu bisa membawa smartphone Android mu ke tempat service terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *