Keyboard dan Mouse dari Microsoft untuk Game Xbox Cloud

KECEHINTECH – Dalam sebuah langkah ya

ng sangat dinanti-nantikan, Microsoft akhirnya menghadirkan dukungan keyboard dan mouse (KBM) untuk sejumlah judul permainan di Xbox Cloud Gaming. Hal ini memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, namun Microsoft kini tengah memperkenalkan fitur tersebut secara bertahap kepada pengguna.

Latar Belakang dan Rencana Awal

Pertama kali kabar mengenai rencana ini terdengar pada Maret 2022, dimana dikabarkan bahwa Microsoft berencana untuk menghadirkan dukungan KBM untuk permainan di Xbox Cloud Gaming. Awalnya, diharapkan opsi ini akan tersedia pada bulan Juni pada tahun yang sama, namun ternyata hal tersebut tidak terjadi. Baru-baru ini, Microsoft mulai memperbolehkan para tester di Alpha Skip-Ahead ring untuk mencoba fungsi KBM pada web browser (Edge dan Chrome) serta aplikasi Xbox PC. Fitur ini seharusnya akan tersedia lebih luas dalam waktu dekat.

Cara Menggunakan Dukungan KBM

Untuk mencoba dukungan KBM, Anda perlu menjadi langganan Game Pass Ultimate (kecuali jika Anda ingin mencobanya di Fortnite, yang dapat dimainkan secara gratis melalui Xbox Cloud Gaming). Anda juga perlu mendaftar dalam program PC Gaming Preview. Jika Anda mencoba dukungan KBM di web browser, ada satu langkah tambahan yang perlu Anda lakukan yaitu mengaktifkan fitur Preview pada browser Anda. Caranya, klik gambar profil Anda di xbox.com/play, pilih Pengaturan, kemudian aktifkan “Preview features.”

Baca Juga :   Ini Dia Rahasia Sukses Mixue Mulai Dari Viral di Medsos

Beberapa permainan yang mendukung KBM mungkin masih menampilkan elemen pengendalian pada layar pada awalnya. Anda mungkin diminta untuk menekan tombol A untuk memulai permainan atau sejenisnya. Namun, permainan seharusnya beralih ke antarmuka pengguna KBM segera setelah Anda menggerakkan kursor atau menekan tombol tertentu. Pada web browser, KBM hanya akan berfungsi saat Anda bermain dalam mode layar penuh dan telah mengklik stream permainan untuk mengenali input mouse Anda. Anda dapat keluar dari penggunaan KBM dengan menekan F9 atau menahan tombol ESC untuk keluar dari mode layar penuh.

Judul Permainan yang Didukung

Beberapa judul permainan Xbox Cloud Gaming yang pertama kali mendapatkan dukungan KBM adalah Fortnite (hanya pada browser), Ark Survival Evolved, Sea of Thieves, Grounded, Halo Infinite, Atomic Heart, Sniper Elite 5, Deep Rock Galactic, High on Life, Zombie Army 4 Dead War, Gears Tactics, Pentiment, Doom 64, dan Age of Empires 2. Namun, terdapat masalah yang diketahui pada Atomic Heart saat ini. Microsoft mencatat bahwa ada beberapa kesulitan dalam beralih antara pengendali dan KBM saat streaming permainan tersebut.

Baca Juga :   DJI Avata adalah drone cinewhoop yang gesit untuk pemula FPV

Pembaruan ini sangat dinantikan, terutama bagi mereka yang ingin bermain permainan tembak-menembak orang pertama dengan setup KBM tetapi tidak memiliki PC yang cukup kuat untuk menjalankan permainan terkini secara langsung. Ini juga merupakan langkah positif untuk aksesibilitas. Teknologi cloud gaming Xbox sangat solid, namun kita berharap dapat tetap bersaing dengan para pemain Fortnite yang dapat membangun struktur rumit dalam hitungan nanodetik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *