Teknologi Megahex Luncurkan Robot Laba-laba Terbesar di Dunia

KECEHINTECH – Saat ini teknologi sudah semakin berkembang dan sudah menjadi ilmu yang umum dimiliki seseorang. Banyak orang yang berkreatifitas dengan teknologi untuk membuat inovasi baru. Tak ketinggalan, banyak pula organisasi yang memamerkan inovasi buatannya di media sosial.

Baru-baru ini, tepatnya tanggal 15 Januari 2023 content creator Hacksmith Industries memamerkan robot buatannya yang disebut Megahex pada platform YouTube. YouTuber tersebut membeberkan bagaimana mereka membangun proyek tersebut dan mengklaim telah membuat robot hexapod terbesar didunia yang dapat dinaiki.

Inspirasi Membangun Robot Laba-laba

Proyek ini didasari oleh ide salah satu tim Hacksmith Industries. Ia mengamati sebuah alat berat bernama princess auto excavator yang dapat bergerak dengan mengendalikan bucket dibagian depan mesinnya. Karena jiwa kreativitasnya yang tinggi, ia pun memutuskan untuk membuat prototype dengan kaki yang lebih banyak agar mesin tersebut dapat bergerak lebih lincah. Tim memutuskan untuk membuat robot berkaki enam seperti laba laba yang dapat dinaiki.

Baca Juga :   AI Text-to-speech VALL-E Ini Bisa Menirukan Suara Orang

Awalnya, tim berencana membuat Megahex dalam waktu tiga bulan. Namun, tim menemukan banyak tantangan dan hal yang tak terduga selama proses pengerjaan. Hal ini menyebabkan tim harus bekerja lebih keras selama satu setengah tahun sampai proyeknya benar benar berhasil.

Proses Pembuatan Robot Megahex Penuh Tantangan

Awalnya, proyek besar ini berjalan dengan mulus. Ide awalnya, Tim ingin membuat mesin utamanya berbentuk kotak dan dihubungkan kepada enam kaki. Rencananya, kaki kaki tersebut akan memiliki gerakan yang sama persis dalam waktu yang berbeda agar dapat berjalan dengan baik. Tapi ide ini tidak dapat digunakan, mereka memutuskan untuk mengubah mesin utamanya menjadi bentuk heksagonal.

Perubahan mesin utamanya menimbulkan masalah masalah lain. Tim pun terpaksa harus merombak sistem kerja kaki kakinya agar kompatibel dengan mesin utamanya. Mereka harus merancang kaki kaki yang memiliki gerakan berbeda. Tentunya, persendian serta sudutnya juga harus didesain dengan sangat akurat.

Saat masuk tahap kontruksi pun, mereka menemukan masalah baru lagi. Kaki robot tersebut tidak dapat berdiri dengan baik karena panjangnya yang tidak tepat. Tapi melalui masalah ini, kru Hacksmith Industries dapat beradaptasi dengan cepat. Mereka segera merakit kaki kaki baru yang sesuai dan sukses menyelesaikan robot Megahex.

Baca Juga :   Komputer Kuantum Memecahkan dan Membuat Masalah Baru

Tim Hacksmith Industries mengaku bahwa proyek tersebut sangat sulit dilakukan dan memiliki tantangan tak terduga sepanjang pembuatannya. Namun, mereka tetap berhasil menyelesaikan proyek tersebut karena terinspirasi oleh para penggemarnya. Mereka berharap bahwa setiap kesalahan yang mereka alami selama proses pembuatan robot ini dapat memberikan pelajaran bagi tim mereka dan juga para penonton dan penggemar mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *