PERTANIAN MODERN BUAH KAKAO MENJADI COKLAT

Proses Buah Kakao Menjadi Coklat
Proses Buah Kakao Menjadi Coklat (Youtube)

KECEHINTECH –Β Setelah sekian lama masuk dalam list, pertanian kakao modern siap untuk diluncurkan bonus dengan pengolahan pabrik coklat dari swiss. pohon Kakao adalah jenis tanaman perkebunan yang sangat populer dengan olahan buahnya. Cokelat adalah olahan yang berasal dari biji kakao. Kakao diduga berasal dari daratan Amerika dan tepatnya di Amerika Selatan. sehingga coklat dihasilkan dari produk olahan dari biji kakao yang telah disangrai.

Dalam hal ini, cokelat bukanlah buah, bukan pula sayuran. pada liputan kali ini rekayasa teknologi memeilih pertanian kakao dari negara pantai gading yaitu sebuah negara yang terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan negara-negara lain seperti Liberia, Guinea, Mali, serta Teluk Guinea di sebelah selatannya. sedangkan untuk proses pengolahan kakao menjadi coklatnya kita langsung terbang ke pabrik pengolahan coklat swiss yang terkenal.

Ini kita mengunjungi hutan beriklim tropis di daerah khatulistiwa di mana tanaman kakao tumbuh subur dan juga memiliki jumlah yang sangat luas secara umum tanaman tumbuh baik di daerah dataran rendah beriklim basah terhadap PH rendah dan memiliki curah hujan tahunan yang rendah tanaman kakao dapat dibudidayakan melalui bijinya sehingga petani akan menyemai biji biji Kakao tua pada polybag yang berisi media cetak kemudian menyiram dan menempatkannya di rumah lebih Titan serta meninggalkannya terkena matahari secara langsung.

Namun sayangnya budidaya Kakao melalui giginya perlu waktu dua hingga tiga tahun untuk pohon mulai menghasilkan buah kakao Oleh karena itu petani akan menggabungkan dengan teknik okulasi atau juga dengan teknik sambung pucuk di mana Teknik ini dapat menawarkan bibit yang dapat mulai berbuah pada umur 9 bulan sementara itu pada definisi penelitian milik pemerintah akan terus mengembangkan berbagai jenis bibit Kakao baru yang dapat menjadikan solusi permasalahan terkini bagi para petani Kakao seperti buah yang mati karena kering dan juga pohon yang terserang penyakit.

Hasil dari bibit unggulan ini akan dibagikan dengan cara mengirim batang pohon untuk digunakan sebagai bahan okulasi atau sambung pucuk 1 Rahasia kesuksesan negara Pantai Gading menjadi penghasil Kakao terbesar di dunia adalah pengembangan dan pendampingan secara terus-menerus sehingga lebih banyak warga yang berpartisipasi menanam pohon kacang.

Baca Juga :   Sekarang Tidak Lagi PS VR2 untuk mengundang pre-order langsung dari Sony

Salah satu bibit unggulan adalah penyediaan bibit unggul secara gratis di perkebunan pembibitan milik pemerintah dan juga perusahaan eksportir pohon Kakao dapat mencapai ketinggian 10 m, akan tetapi petani akan membatasi Tinggi pohon untuk tidak lebih dari 5 m, dengan mengarahkan tajuk tubuh menyamping dan meluas hal ini dilakukan untuk memperbanyak cabang produktif.

Bunga kakao sempurna berukuran kecil dengan diameter maksimum 3 cm Penyerbukan bunga Kakao biasanya dilakukan oleh serangga dan terjadi pada malam hari untuk menghasilkan lebih banyak bakal buah petani juga kerap membantu penyerbukan ini secara manual, cara ini terbukti menghasilkan lebih banyak buah kakao dibanding mengandalkan penyerbukan alam setelah petani berhasil membantu penyerbukan bunga tanaman kakao petani perlu menunggu 175 hari untuk mulai memanennya kakao secara bergantian memungkinkan proses pemanenan dapat dilakukan selama hampir 1 tahun.

Penggarangan Kakao biasanya dilakukan dengan tanya buah kakao yang dipetik adalah buah kakao yang memiliki warna cenderung kuning atau Jingga tergantung jenis Kakao pada proses pemanenan buah kakao biasanya dilakukan secara kelompok melalui dua tahapan, proses pertama para petani akan memetik buah kakao yang sudah tua dan juga mengumpulkan buah buah kakao yang berjatuhan kemudian mengumpulkannya menjadi satu pada proses kedua adalah membuka kulit buah buah kakao dan mengumpulkan biji yang masih dibalut dengan daging segar yang memiliki rasa manis.

Setelah semua biji segar ini terkumpul beberapa petani akan membuat fermentasi alami secara manual untuk menyingkirkan daging buah kakao yang masih menempel pada bijinya kemudian mengeringkannya sehingga harga jual lebih tinggi namun disisi lain lebih banyak petani yang akan menjual dalam kondisi segar seperti ini kepada tungku jika kakao segar ini terkumpul pekerja akan menempatkan biji Kakao ini pada wadah-wadah kayu yang tersedia.

Untuk dibiarkan beberapa hari sehingga terjadi fermentasi makasih ini biji dan daging buah berkeringat dan suhu naik drastis setelah proses fermentasi selesai daging buah yang tebal akan mencair dan menguap sehingga membuat daging kakao menjadi mudah untuk dipisahkan jika kau ini akan dicuci dengan air untuk menghilangkan daging Kakao kemudian kerjakan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Baca Juga :   iPad terbaru Apple turun menjadi $399 di Amazon

Pengeringan di bawah sinar matahari lebih baik daripada pengeringan dengan cara buatan karena tidak ada rasa asing Seperti asap atau minyak yang menempel biji Kakao ini harus benar-benar kering untuk proses pengiriman ke luar negeri akan diekspor dalam karung goni syarat kualitas dan surat-surat biji Kakao ini siap untuk dikirim sementara itu pada pabrik pengolahan coklat di Swiss.

Karung-karung biji Kakao ini akan diperiksa kualitasnya kemudian mengkategorikan jenis Kakao berdasarkan daerah tumbuhnya karena biji Kakao dari daerah yang berbeda memiliki rasa yang berbeda sehingga pekerja dapat menentukan sifat-sifat yang perlu dipertahankan dan juga membersihkan biji dari kemungkinan terkontaminasi benda asing dengan sistem infrared kemudian pekerja akan memasukkan biji Kakao ini ke mesin sangrai otomatis yang akan mengeluarkan air dalam Kakao sehingga kelembaban di dalam Kakao akan menguap terlepas dari inti kemudian biji dipecahkan dan cangkang ringan disedot oleh mesin vakum.

Keluar dari mesin ini adalah apa yang disebut dengan aplikasi yaitu bagian inti dari biji Kakao disiapkan untuk proses selanjutnya pada proses ini aroma khas kah kau akan muncul hasil akhir dari mesin ini adalah Kakao kentang sehingga memungkinkan untuk disimpan sementara selanjutnya untuk produk akhir coklat Swiss yang terkenal bekerja akan mencampurkan coklat ini dengan produk susu mentega Kakao gula vanila dan dengan bahan-bahan lain yang menghasilkan adonan coklat yang memiliki rasa coklat seperti yang kamu kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *