Wisata  

Wisata di Bawah Laut Trawangan Lombok Bikin Penyelam betah

Wisata Bawah laut Trawangan
Wisata Bawah laut Trawangan (Pinterest)

KECEHINTECH – Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai “Tîr na Nôg” mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa “pesta” lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Baca Juga :   Inilah Daya Tarik Taman Tebing Breksi Jogja

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.

Sejarah

Dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan narapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitar tahun 1970-an pulau ini dijadikan tempat persinggahan orang orang Bugis dari Sulawesi yang kemudian menetap turun temurun disini bersama warga Sasak dan Bali.

Harga Tiket Masuk Gili Trawangan Lombok Juli 2022

Tiket penyebrangan
-Mengunakan Speedboat di Teluk Nara beroperasi 24 dengan harga mulai dari Rp 350.000 – Rp 700.000 untuk sekali jalan
-Mengunakan Transportasi kapal umum dari pelabuhan Bangsal Pemenang Rp 10.000,-
Serta tambaha biaya dari pemerintah sebesar Rp 2.500,- untuk wisatawan domestik dan Rp 5.000,- Untuk wisatawan Mancanegara.
Persewaan Sepeda atau Cidomo
-Sepeda Rp 50.000,- / Hari
-Cidomo Rp 100.000,- / Hari
Penginapan
-mulai dengan tema homestay seharga Rp 200.000,- per malam sampai resort jutaan rupiah
Snorkeling
-Berkisar antara Rp 150.000,- untuk durasi 3 jam, termasuk makan siang dan kapal.
Kuliner Khas Lombok
– Nasi Rp 6.000,-

Baca Juga :   Bikin Betah! Wisata Alam Gunung Dago Bogor

Serta akan banyak jasa menawarkan paketan berwisata di Gili Trawangan ini. Sebaiknya pintar – pintar memilih harga yang pas menurut masing – masing. Tidak perlu kuwatir Harga Tiket Masuk Gili Trawangan Lombok termasuk murah di Asia Tengara. Harga sewaktu – waktu dapat berubah.

Jalan-jalan ke Gili Trawangan adalah salah satu agenda utama para wisatawan di Lombok. Kamu hanya perlu merencanakan paket wisata ke Gili Trawangan dan serahkan masalah transportasi ke Kusuma Lombok Tour! Paket tur yang satu ini sudah menyediakan transportasi kapal pribadi ke Gili Trawangan (pulang pergi).

Selain itu, sebelumnya, kamu juga akan diajak Pantai Senggigi dan Bukit Malimbu lebih dulu. Dan sebelum mengakhiri tur, kamu bisa mampir ke tempat belanja oleh-oleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *