Wisata  

Taman Kebun Raya Bogor Pemandangan Sejuk Tanpa Polusi

Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor (Pinterest)

KECEHINTECH – Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun raya yang terletak di Bogor , Indonesia , 60 km sebelah selatan Jakarta Pusat . Saat ini dioperasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ). Taman ini terletak di pusat kota dan bersebelahan dengan kompleks istana kepresidenan Istana Bogor. Ini mencakup area seluas 87 hektar (210 hektar) dan berisi 13.983 jenis pohon dan tanaman yang berbeda dari berbagai asal. Posisi geografis Bogor membuat hujan hampir setiap hari, bahkan di musim kemarau. Hal ini membuat Taman menjadi lokasi yang menguntungkan untuk budidaya tanaman tropis.

Didirikan pada tahun 1817 atas perintah pemerintah Hindia Belanda , Taman ini berkembang pesat di bawah kepemimpinan banyak ahli botani terkenal termasuk Johannes Elias Teijsmann , Rudolph Herman Christiaan Carel Scheffer , dan Melchior Treub . Sejak didirikan, Kebun Raya Bogor telah menjadi pusat penelitian utama untuk pertanian dan hortikultura. Ini adalah kebun raya tertua di Asia Tenggara.

Sejarah

Taman ini kira-kira berbentuk persegi dengan luas 87 hektar (210 hektar), dengan tambahan 28,4 hektar (70 hektar) tanah di barat laut menjadi taman istana. Taman ini dibelah oleh sungai Ciliwung dan memiliki tiga jembatan. Gerbang utama terletak di selatan dan merupakan tempat sebagian besar fasilitas taman terkonsentrasi, seperti loket pembelian tiket, laboratorium Treub, Wisma Nusa Indah, toko tanaman/cinderamata, perpustakaan, dan gedung konservasi. Kawasan timur Ciliwung dibangun pada tahun 1927 dengan fasilitas masjid, kafe, Herbarium, bagian anggrek dan wisma tamu Wisma Tamu, dekat jalan Astrid.

Saat ini taman tersebut berisi 13.983 spesimen pohon dan tumbuhan, yang termasuk dalam 3373 spesies, 1257 genera, dan 218 famili. Ada 288 spesies (88 genera) pohon palem yang luar biasa di sepanjang halaman dan jalan. Taman ini menjadi tempat perlindungan bagi lebih dari 50 jenis burung dan kelompok kelelawar yang bertengger tinggi di pepohonan.

Pada tahun 1852, Kebun Raya Cibodas didirikan sebagai perpanjangan dari Kebun Bogor di kota Cibodas , kira-kira 45 kilometer ke arah tenggara Bogor. Sebuah cabang taman dibuka pada tahun 1941 di dekat kota Purwodadi , dan kemudian pada tahun 1959 cabang lain dibuka di Bali.

Baca Juga :   BUKIT KLANGON DENGAN VIEW GUNUNG MERAPI

Kolam Gunting

Di selatan istana Bogor, kolam buatan berfungsi sebagai habitat satwa liar Kebun Raya Bogor. Salah satu penghuni kolam yang paling terkenal adalah Victoria amazonica . Benih tanaman itu dikirim dari Kebun Raya Amsterdam pada tahun 1860. Monumen yang didedikasikan untuk istri Raffles dan Reinwardt terletak di dekat kolam.

kuburan belanda

Di dekat bagian koleksi bambu istana Bogor ada kuburan kecil dengan batu nisan Belanda. Salah satu makam terkenal milik mantan gubernur jenderal DJ De Eerens yang menjabat dari tahun 1836 hingga 1840. Ada 42 nisan dengan 38 orang yang teridentifikasi, nisan tertua berasal dari 2 Mei 1784.

Taman Araceae

Terletak di belakang bank benih taman, area yang dikhususkan untuk spesies flora Araceae dibangun pada tahun 2010. Taman ini terutama terdiri dari jenis Schismatoglottis, Homalomena, Colocasia dan beberapa jenis tanaman merambat seperti Philodendron, Raphidophora . Sekitar 10 pohon dengan tinggi lebih dari 2 m telah ditanam di area taman ini, berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari langsung.

Taman Teijsmann

Sebuah taman kecil dengan layout French rose garden dibangun pada tahun 1884 oleh M. Treub, sesuai dengan namanya taman ini dibangun sebagai memoar Johannes Elias Teijsmann atas kontribusinya dalam pengembangan taman tersebut. Di tengah taman terletak monumen Teijsmann, didirikan menggunakan granit dari Berlin.

Kebun Obat

Bagian kebun ini berisi tanaman yang biasa digunakan untuk bahan obat dan jamu. Tumbuhan dipisahkan menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran dan spesiesnya. Deskripsi masing-masing tanaman yang berbeda dan kegunaannya sebagai bahan obat ditulis untuk pengunjung.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket masuk kebun raya terbilang sangat murah untuk ukuran taman yang luasnya puluhan hektar. Berikut daftar harga tiketnya.

Baca Juga :   Wajib Kunjungi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekday : Rp16.500
Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekend & Hari Libur : Rp26.500
Tiket Masuk Sepeda Weekday : Rp15.000
Tiket Masuk Sepeda Weekend : Rp20.000
Tiket Parkir Kendaraan
Tiket Mobil : Rp50.000
Tiket Motor : Rp5.000

Jam Operasional

Area Kebun Raya Bogor terbuka untuk umum setiap hari. Mulai dari pagi hingga sore hari. Jam Buka
Setiap Hari 08.00 – 16.00 WIB

Fasilitas

Sebagai taman dan kebun terbesar di Bogor, kebun raya menyediakan fasilitas yang lengkap. Mulai dari area parkir baik untuk mobil dan motor. Kemudian jalan-jalan pedestrian yang bisa digunakan pejalan kaki dan pesepeda. Selanjutnya terdapat restoran, museum, kursi-kursi bersantai di bawah pohon, serta toilet yang bersih.

Alamat & Lokasi Kebun Raya Bogor

Kebun raya berlokasi di tengah kota bogor. Tepatnya berada di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Jika menggunakan kendaraan pribadi keluar dari tol Jagorawi berbelok ke kanan. Lokasi pintu masuk kebun raya kurang lebih 2 km.

Sedangkan bagi pengunjung yang naik kereta KRL. Setelah turun dan keluar dari stasiun bogor bisa berjalan kaki ke arah Istana Bogor. Selanjutnya setelah sampai di lampu merah Jl. Djuanda belok kanan dan berjalan kurang lebih 300 meter hingga ke pintu masuk kebun raya. Lain halnya dengan wisatawan menggunakan Bus. Dari terminal Baranangsiang, Lanjutkan menggunakan angkot No 03, 13 atau 06. Sedangkan jarak dari terminal hanya 2 kilometer atau 10 menit saja jika tidak macet di sekitar Tugu Kujang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *