Tahukah Kamu 6 Jenis Sate yang Populer di Indonesia?

Tahukah Kamu 6 Jenis Sate yang Populer di Indonesia
Tahukah Kamu 6 Jenis Sate yang Populer di Indonesia (Pinterest)

KECEHINTECH – Siapa yang tidak kenal makanan populer yang satu ini ya sate. Sate atau satai hidangan yang populer di Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa dan tradisi memasak yang menghasilkan banyak jenis sate.

Sate dibuat dari daging sapi, ayam atau kambing yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan tusukan lidi atau bambu dan dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Ternyata sate tidak hanya populer di Indonesia tetapi sangat populer juga di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Fhilipina dan Thailand.

Biasanya sate disajikan dengan bumbu kecap, bumbu kacang yang dilengkapi dengan acar dari irisan bawang merah, mentimun dan cabai rawit.

Tahukah kamu ada banyak jenis sate yang ada di Indonesia? Berikut 6 Jenis sate yang ada di Indonesia.

1. Sate Klatak

Sate Klatak adalah sate kambing yang hanya dibumbui dengan garam, lada dan bumbu lainnya. Tusukan yang dipakai untuk memanggang dan membakar terbuat dari besi tidak seperti sate umumnya yang memakai tusukan bambu.

Sate Klatak biasanya disajikan dengan gulai yang kaya akan rempah-rempah. Kadang cara memasaknya dengan tulang lembu dan direbus dengan memakai api kecil selama 30 menit.

Baca Juga :   Begini cara Membuat Ceker Ayam Mercon Pedas

2. Sate Madura

Sate Madura memiliki bumbu khas Madura yang biasanya terbuat dari ayam. Selain menggunakan daging ayam, sate Madura juga ada yang menggunakan daging kambing.

Biasanya sate dengan daging ayam disajikan dengan bumbu kacang dan sate dengan daging kambing disajikan dengan kecap manis serta potongan cabai rawit dan bawang merah.

3. Sate Taichan

Sate Taichan adalah sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya.

Sate Taichan disajikan dengan sambal dan perasaan jeruk nipis dan daging sate hanya diberi garam dan sedikit jeruk nipis.

4. Sate Buntel

Sate Buntel adalah sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing kemudian dibakar. Bumbu utama sate buntel adalah merica dan kecap manis. Sate buntel merupakan makanan khas dari Surakarta. Sate buntel biasanya disajikan dengan sambal kecap atau sambal kacang.

5. Sate Padang

Sate Padang berasal dari Padang Panjang, Pariaman. Sate padang memaki bahan daging sapi, lidah atau jeroan dengan bumbu kuah kental.

Sate padang memiliki tiga jenis bumbu tergantung lokasi dan rempah yang digunakan seperti sate darek dengan bumbu kuning cerah asal Padang Panjang, Ada sate Pariaman dengan bumbu berwarna merah kecoklatan yang lebih pedas dari sate Padang Panjang dan sate dengan bumbu berwarna coklat dilengkapi dengan parutan kelapa dengan rasa yang lebih manis dan tidak pedas.

Baca Juga :   Resep Membuat Tteokbokki Makanan Khas Ala Korea

6. Sate Lilit

Sate lilit adalaha sate asal bali yang terbuat dari daging ayam, ikan, daging sapi kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Daging cincang yang sudah dibumbui dililitkan pada batang serai atau bambu tebu dan dipanggang di atas arang.

Sate lilit kaya akan campuran rempah-rempah, di Bali hampir setiap hidangan dibumbui dengan bumbu mengenep campuran rempah seperti daun jeruk, santan, bawang putih, bawang merah, lengkuas, ketumbar, kunyit dan cabai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *