Proofreading dan Editing Situs Bantu Kamu Temukan Pekerjaan

author

KECEHINTECH – Proofreading dan editing merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau dilakukan dari mana saja. Selain itu, dua pekerjaan ini juga akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan, institusi atau individu untuk meningkatkan kualitas konten yang diperlukan. 

Proofreading merupakan aktivitas memeriksa kesalahan dalam teks dengan cermat sebelum dipublikasi atau dibagikan. Sedangkan editing, adalah proses menyunting dan memperbaiki naskah atau teks yang diperlukan untuk sebuah konten. Ke-dua hal ini tentunya sangat dibutuhkan sebelum perusahaan, institusi atau pun individu merilis konten ke publik. Maka dari itu, permintaan akan proofreader dan juga editor akan selalu tinggi.

Jika kamu tertarik mencari peluang pada bidang ini, berikut beberapa situs web menurut MUO yang bisa bantu kamu menemukan pekerjaan proofreading dan editing secara remote atau bisa dilakukan di mana saja.

8 Situs Ini Bisa Bantu Kamu Temukan Pekerjaan Proofreading dan Editing

1. ProofreadingPal

Merupakan layanan proofreading dan penyuntingan online untuk dokumen akademik, bisnis, dan pribadi, ProofreadingPal memiliki peringkat Trust Pilot yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pelanggan yang puas akan pelayanan yang diberikan diliat dari ulasan-ulasannya. Pekerjaan yang diberikan oleh ProofreadingPal adalah pekerjaan yang fleksibel dan menghasilkan penghasilan $300-500 per bulannya.

Untuk mendaftar, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama kamu harus merupakan karyawan atau mahasiswa di universitas yang ada di US dengan minimal GPA 3.5. Kedua, kamu harus memiliki setidaknya lima tahun pengalaman profesional pada proofreading dan juga editing.

2. Scribbr

Berbeda dengan ProofreadingPal yang mengharuskan pendaftarnya berasal dari universitas di US, Scribbr adalah layanan pengoreksian dan pengeditan akademik online yang mempekerjakan editor dan proofreader lepas. Persayaratan utama yang harus dimiliki adalah kemampuan bahasa inggris setara level native atau pembicara asli bahasa inggris.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati saat mendaftar, yaitu language quiz dan editing yang harus diselesaikan dalam rentang waktu 24 jam. Ketika kamu berhasil dan menjadi editor atau proofreader, kamu akan mendapatkan pelatihan dari tim dan juga akses materi yang ada pada Scribbr Academy.
Baca Juga :   Pekerjaan Ini Bakal Jadi yang Pertama Tergantikan oleh AI

3. Cambridge Proofreading

Cambridge Proofreading adalah situs yang memungkinkan kamu untuk bekerja secara fleksibel di mana pun kamu berada. Situs ini mencari ahli materi pelajaran yang mahir dalam menggunakan Microsoft Word dan juga memperhatikan detail.

Persyaratan yang harus dimiliki adalah setidaknya memiliki kemampuan bahasa inggris setara level native dan juga memegang gelas S1. Selain itu pendaftar juga harus melalui beberapa screening test yang mencakup tiga sampel edit dan final editing. Ketika sudah diterima dan mulai mengerjakan projek, pendapatan yang akan diterima berkisar $20-30 per dua bulan.

4. Jobsforeditors

Buat kamu yang memiliki gelar pada bidang bahasa atau ekonomi internasional, Jobsforeditors merupakan salah satu situs yang mungkin bisa memberikan kamu banyak peluang kerja remote.

Kamu bisa mendaftar sebagai pekerja freelance hanya dengan men-submit CV di situs resmi Jobsforeditors. Lalu kamu bisa memilih lowongan yang tersedia sesuai dengan ketertarikan kamu. Setelah mendaftar kamu akan dikirimkan test online dan juga tugas editing dari tim yang bersangkutan.

5. Flexjobs

Flexjobs memungkinkan kamu menyaring pekerjaan berdasarkan kategori, tipe, jadwal, tingkat karir, hingga gelar. Untuk mencari pekerjaan yang membutuhkan proofreader atau editor kamu hanya perlu mengaturnya pada bagian kategori yang tersedia pada situs.

Untuk mendapatkan akses tanpa batas, kamu diharuskan berlangganan paket mingguan, bulanan, tiga bulanan, atau tahunan yang sudah disediakan. Flexjobs sudah memastikan setiap pekerjaan yang tersedia pada situsnya adalah pekerjaan sah dan bukan penipuan, hal ini tentunya membantu pekerja untuk tidak tertipu.

Baca Juga :   PERTANIAN JAMUR MAITAKE MODERN DI JEPANG JAMUR OBAT KANKER

6. Scribe Media

Merupakan perusahaan penerbit yang mengklaim sebagai salah satu perusahaan terbaik untuk bekerja di Amerika, Scribe Media memungkinkan kamu mendaftar saat adanya lowongan freelance sebagai proofreader atau editor. Selain freelance, kamu juga bisa mendaftar sebagai pekerja full-time yang akan memberikan kamu keuntungan seperti tunjangan asuransi, cuti berbayar, hingga bantuan perencanaan keuangan.

7. Freelancer

Freelancer merupakan situs yang menghubungkan pencari kerja dan bisnis. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai proofreader dan editor, kamu dapat menelusuri pada bagian ‘Writing & Content’.

Situs ini bekerja dengan sistem penawaran. Saat kamu memilih pekerjaan, akan tersedia pratinjau deskripsi pekerjaan, tawaran rata-rata, dan juga jumlah yang sudah menawar. Kamu bisa memasukkan harga yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia, sebelum mewarkan, pastikan kamu memperbaharui profil sehingga pemberi kerja dapat memperoleh gambaran tentang keterampilan dan keahlian kamu.

8. Bullet Proofreading

Menawarkan layanan editing akademik dan proofreading melalui Microsoft Word, email, atau telepon. Jika kamu adalah seorang guru, peneliti atau spesialis bahasa inggris, Bullet Proofreading bisa menyediakan pekerjaan sampingan buat kamu.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah merupakan lulusan dari universitas terkemuka di US, UK, Australia atau Canada. Bullet Proofreading juga cenderung memilih pendaftar yang memiiki gelar master atau Ph.D. Pendaftar juga diharuskan melewati tes setelah mendaftar sebelum secara resmi diterima oleh Bullet Proofreading.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *