Mengapa 928 Adalah Porsche Paling Diremehkan Sepanjang Masa

Mengapa 928 Adalah Porsche Paling Diremehkan Sepanjang Masa
Mengapa 928 Adalah Porsche Paling Diremehkan Sepanjang Masa (Pinterest)

KECEHINTECH – Tantang diri Anda untuk memikirkan Porsche terhebat sepanjang masa dan, tidak seperti katalog belakang Ferrari yang dikemas dengan mahakarya bermesin depan dan konvensi penamaan yang aneh, otak Anda kemungkinan akan melayani banyak 911 bermesin belakang. Mungkin Carrera GT mid-ship atau Cayman GT4 RS juga. Saatnya untuk mengubah pola pikir ini dan melihat mobil sport bermesin depan Porsche yang hebat namun sering diabaikan, Porsche 928.

Diluncurkan pada tahun 1977 dan diproduksi hingga tahun 1995, Porsche 928 awalnya dimaksudkan untuk menggantikan ikon perusahaan 911 sebagai andalan baru – tetapi alih-alih menjadi mobil sport berpendingin udara, bermesin belakang, 928 adalah bermesin depan, air -Grand tourer mewah berpendingin yang dirancang untuk menempuh jarak bermil-mil dengan kecepatan tinggi.

Porsche mengatakan bahwa fokus pada konstruksi ringan “melihat penggunaan ekstensif aluminium untuk panel bodi daripada baja lembaran tradisional”. Aluminium digunakan di pintu, spatbor depan, dan kap mesin, menghemat 77 pound yang diklaim, menurut Stutt Cars, dan juga muncul di belakang bumper depan yang terintegrasi, memberikan tampilan mobil yang lebih bersih dan modern sekaligus melindunginya dari kecepatan rendah. dampak.

Kunci tampilan 928 adalah lampu depan pop-up. Alih-alih membalik ke atas pada mekanisme yang berputar ke belakang seperti pada Ferrari 365 GTB/4 atau Mazda Miata awal, Porsche berputar ke depan seperti pada Lamborghini Miura. Ini berarti lampu itu sendiri selalu dipajang, lalu duduk saat menyala dan digunakan. Desain lampu ini bertahan sepanjang masa pakai mobil, termasuk 928 S generasi kedua (model tahun 1980 hingga 1986) dan 928 S4 (model tahun 1987 hingga 1991), hingga produksi berakhir pada 1995.

Detail desain utama 928 lainnya adalah fastback bundar, didominasi oleh kaca depan belakang yang besar dan diapit oleh sepasang jendela samping untuk penerangan kabin yang lebih baik dan visibilitas di atas bahu. Rumah kaca yang luas juga berarti banyak cahaya bagi penumpang belakang yang, seperti pada 911, ditampung oleh sepasang kursi yang sempit namun dalam.

Baca Juga :   Agility Robotics Membangun Pabrik Robot Bipedal Pertamanya di Oregon

Jauh dari renungan untuk keluarga, kursi belakang dimaksudkan untuk digunakan. Mobil itu dirancang untuk menyediakan pelindung matahari bagi penumpang belakang, dan daftar tambahan opsional termasuk pendingin udara untuk kabin belakang, dan bahkan untuk kompartemen sarung tangan. Kemewahan lainnya termasuk power window, penguncian sentral, dan cruise control.

Performa mobil sport

Generasi pertama 928 diterima dengan baik oleh pers otomotif, dan dianugerahi Car of The Year untuk tahun 1978, dari mana juri menggambarkan Porsche sebagai “mobil luar biasa yang kemungkinan akan menggantikan 911 yang secara teknis membusuk. Poin usang dari veteran itu adalah diatasi dengan mesin depan, pendingin air, peredam bising, keseimbangan bobot yang baik, dan sikap jalan yang membuat berkendara cepat jauh lebih mudah dan lebih dapat diprediksi.”

Meskipun desain 928 tampaknya cukup konservatif menurut standar saat ini – dan bahkan dibandingkan dengan sesama mobil sport tahun 70-an dan 80-an, tampilannya kurang eksentrik – namun dibuat sebagai mobil performa sejati. Generasi pertama ditenagai oleh mesin V8 4.5 liter baru yang menghasilkan 240 tenaga kuda.

Versi kedua, disebut 928 S, memperkenalkan spoiler depan dan belakang hitam, serta strip pelindung samping dalam warna bodi. Pemindahan mesin ditingkatkan menjadi 4,7 liter dan tenaga bertambah menjadi 300 tenaga kuda, kemudian menjadi 310 tenaga kuda pada tahun 1984. Ini turun menjadi 288 tenaga kuda untuk tahun 1986 meskipun kapasitas mesin bertambah menjadi 5,0 liter karena penambahan konverter katalitik. Terakhir, 928 S4 tiba pada tahun 1987 dan menampilkan celemek depan baru yang membulat dengan saluran masuk udara, dan sayap belakang hitam yang mencuat dari bodi di antara lampu belakang yang pas, jelas Porsche. Kapasitas mesin tetap 5,0 liter tetapi tenaga ditingkatkan menjadi 320 tenaga kuda.

Baca Juga :   Honda Akan Gunakan Pengisian Daya EV Tesla di Amerika Utara

Seorang ‘supercar dewasa’ dan bintang film juga

Majalah Autocar mengatakan tentang 928 pada bulan Oktober 1978: “Sungguh luar biasa betapa bagusnya mobil ini dikendarai. 928 menggabungkan kinerja, kepraktisan, dan tata krama jalan yang paling aman sampai tingkat yang tak tertandingi oleh supercar lainnya. Anda bisa menyebut 928 sebagai orang dewasa. naik supercar.” Dan, meskipun mungkin tidak mendapat pujian dari Aston Martin DB5 James Bond atau Ford Mustang Lt. Frank Bullitt, Porsche 928 juga merupakan mobil yang menghiasi layar perak. Sebuah contoh muncul di tahun 1983 “Bisnis Berisiko”, sebuah film yang dikemudikan oleh siswa sekolah menengah Joel Goodsen, diperankan oleh Tom Cruise.

Selesai dalam platinum metalik dengan interior gabus, Porsche 928 tahun 1979 yang dikemudikan oleh Cruise dijual seharga $1.980.000 pada lelang pada tahun 2021. Harga tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh Hagerty, sekitar 47 kali lebih tinggi dari perkiraan 928 “terbaik di dunia”. untuk mencapainya, dikurangi kredensial bintang filmnya. Itu juga diklaim sebagai mobil tempat Cruise belajar mengoperasikan transmisi manual.

Saat ini, harga berkisar dari $7.500 untuk contoh yang digambarkan dalam kondisi “proyek”, hingga sekitar $30.000 untuk contoh “mint” dan $89.000 untuk 928 dengan hanya 16.000 mil per jam. Harapkan untuk membayar lebih dari $400.000 untuk 928 GTS ultra-langka dari tahun 1995, di mana hanya 26 dari 2.900 contoh yang diproduksi masuk ke pasar AS dengan kotak persneling manual. Varian itu memiliki mesin V8 5,4 liter yang menghasilkan 350 tenaga kuda, rem yang ditingkatkan, dan roda yang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *