Keren! Begini Proses Pertanian Wasabi di Jepang

Wasabi Cultivation and Culture
Wasabi Cultivation and Culture (Pinterest)

KECEHINTECH – Wasabi adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan. Parutan rimpang yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Hal yang menarik dari jenis sayuran ini adalah kenyataan bahwa harganya dapat mencapai 3,7 juta/Kg.Alasan utama yang membuat harga wasabi sangat mahal adalah karena tingkat kesusahan dalam membudidayakan tanaman wasabi.

Kunci kesuksesan dalam bertani wasabi adalah air yang mengalir sepanjang tahun serta bebas dari kontaminasi, dan juga intesitas cahaya yang cukup. petani wasabi tidak memakai pupuk, karena pupuk dapat memperkeruh air yang mengalir, lalu perawatan apa saja yang dilakukan oleh petani wasabi ini, yuk kita simak proses pertanian wasabi yang keren ini di jepang langsung dari prefekture Shizuoka tempat yang paling strategis dari segi kondisi, suhu dan aliran air untuk pertumbuhan tanaman wasabi.

Wasabi merupakan tanaman asli Jepang yang termasuk dalam tanaman herbal dari suku kubis-kubisan
WhatsApp yang sudah dibersihkan dan siap dipanen ini dapat memiliki harga mencapai 3,7 juta per kg, alasan utama yang membuat harga Wasabi sangat mahal adalah karena proses penanamannya Wasabi dikenal sebagai tanaman tersulit untuk ditanam secara komersial hanya dapat ditemukan secara alami di sepanjang aliran pegunungan di Jepang dimana ia memiliki kondisi yang sangat spesifik yang dibutuhkan untuk perkembangan Wasabi

Mari kita mengunjungi petani Wasabi di prefektur Shizuoka yang memiliki semua kondisi optimal untuk pertumbuhan luas, dari semua proses pertanian ini bermula dari berakhirnya di musim panen di mana Wasabi sudah berumur sekitar 18 bulan yang siap untuk dipasarkan petani akan membersihkan Wasabi induk untuk dijual sedangkan anak tanaman Wasabi yang menempel akan dipisahkan dan siap untuk ditanam pada ladang yang baru.

Sementara itu pekerja yang berada pada ladang Wasabi yang telah selesai dipanen sedang membersihkan rawa atau area tanam sebelum mulai menanam Wasabi, petani akan membersihkan Rawa dengan menggunakan semprotan pompa air untuk membersihkan media tanam atau pasir tanaman sebelumnya lahan petani akan membuat media tanam yang baru dengan mencampurkan partikel pasir yang memiliki ukuran berbeda-beda campuran partikel pasir ini selain berguna untuk tempat Wasabi menancapkan akar juga berfungsi sebagai filter air yang mengalir ke ladang.

Baca Juga :   Bisa Melihat Benda Tak Kasat Mata Inilah Kacamata X-AR

Setelah media tanam terkumpul selanjutnya petani akan meratakan baru kemudian menanamnya Wasabi yang bagus hanya ditanam pada ladang yang memiliki aliran air mengalir sepanjang tahun dengan suhu air antara 13 hingga 18 derajat Celsius. Ketersediaan air yang mengalir serta air yang bersih dari kontaminasi adalah hal yang paling penting bagi budidaya What are terlalu banyak kelembaban atau mineral dapat menyebabkan masalah bagi tanaman dan membuat Wasabi rentan terhadap hama dan penyakit setelah permukaan media tanam Ratang selanjutnya petani akan meletakkan potongan paralon sebagai pelindung bibit tanaman Wasabi dari hanyut terbawa aliran air.

Petani akan mengatur jarak antara tanaman seluas satu telapak tangan selanjutnya bibit cabe ditanam pada tengah paralon kemudian bertanding akan melakukan beberapa perawatan dan menunggu hingga Wasabi berumur 18 bulan untuk siap di panen tanaman Wasabi tidak memerlukan pupuk kompos atau sejenisnya karena pupuk dapat membuat air menjadi keruh dan kotor nutrisi yang dibutuhkan Wasabi murni dihasilkan dari aliran air pegunungan diperhatikan oleh petani adalah aliran air yang terus mengalir dan bersih.

Petani akan secara teratur mengecek aliran air dan kejernihan dari air yang masuk dan melalui ladang Wasabi mereka selain memperhatikan aliran air yang masuk ke ladang petani juga harus mengatur intensitas cahaya matahari yang mengenai tanaman wasabi matahari yang terlalu banyak atau sedikit yang diterima tanaman Wasabi membuat hasil Wasabi yang kurang baik, petani harus mengatur jumlah matahari yang tepat untuk mengatur jumlah matahari yang tepat yang diterima tanaman ini adalah dengan memakan jaring-jaring petani akan memasang kerangka sehingga mudah untuk menutup dan membuka area ladang Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Baca Juga :   BEGINI PERTANIAN CABE MODERN DI LUAR NEGERI HASIL MELIMPAH

Sehingga menghasilkan jumlah asupan matahari yang seimbang untuk tanaman wa dari sementara itu petani lain akan berfokus mencabuti rumput liar dan memungut daun-daun Wasabi yang Gugur tidak mengenal musim dan bisa dipanen kapan saja selama tanaman Wasabi setidaknya berumur sekitar 18 bulan untuk siap dipanen.

Untuk tidak mengenal sentuhan teknologi pemanenan ini sudah dilakukan dengan tangan untuk beberapa dekade setelah para pekerja memasuki ladang Wasabi yang siap dipanen petani akan memisahkan induk Wasabi dan juga bibit cabe kecil yang menempel pada batang akar Wasabi, selanjutnya petani akan memotong daun dan membersihkan akar dan pasir yang masih menempel kemudian Wasabi siap untuk dikumpulkan dan didistribusikan ke restoran restoran di seluruh Jepang.

selanjutnya Wasabi akan dijual dalam kondisi yang masih utuh seperti ini dan baru diparut atau dihaluskan ketika akan digunakan hal ini Karena rasa pedas dan harum Wasabi berasal dari reaksi kimia yang terjadi ketika Wasabi diparut namun reaksi ini mulai hilang Setelah 5 menit dan setelah 30 menit hampir semua rata asam akan hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *