Berita  

INILAH PERBANDINGAN NEGARA INDIA VS PAKISTAN

Escape Routes on Indian Border
Escape Routes on Indian Border (Pinterest)

KECEHINTECH – Hubungan India dengan Pakistan memang rumit karena sejumlah peristiwa sejarah dan politik. Keduanya sempat menjadi satu kemudian memutuskan kemerdekaan masing-masing. Pada satu waktu mereka akan berkonflik, untuk selanjutnya niat berhubungan baik kembali hadir. Karena itu, data fakta hadir dalam perbandingan kedua negara yang diurai ke dalam sejumlah poin. Sekadar untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada selama ini.

Pemisahan dan kemerdekaan Inggris menduduki anak benua India pada abad ke-17 saat itulah sebutan Hindia Timur berganti menjadi India Britania, merujuk pada kawasan anak benua India di bawah kekuasaan Inggris memasuki abad 20 India Britania bergejolak karena perlawanan terhadap penjelajahan Inggri,s mulai terorganisasi dua tokoh terkenal dalam pertentangan ini yaitu mohandas karamchand Gandhi atau Mahatma Gandhi dan Muhammad Ali jinnah.

Meski mereka berhasil bebas penduduk Hindia Britania ternyata tidak dapat Merdeka sebagai suatu bangsa yang ada di kawasan tersebut dibagi menjadi dua negara merdeka yakni India dan Pakistan. Hal inilah yang menyebabkan kemerdekaan Pakistan dan India sama-sama diperingati di bulan Agustus bahkan hanya berselang 1 hari ya pakistan merdeka.

Pada ditandai sebagai hari kemerdekaan India Jika ditanya alasan sebenarnya ini tidak sesederhana kedengarannya pada masa penjajahan Inggris sekitar 70% rakyat India bertanya adalah umat Hindu, sementara jumlah muslim di Sana hanya sekitar 25% dari keseluruhan populasi pembagian antara Pakistan dan India dilakukan karena meningkatnya kerusuhan antara umat Hindu dan Muslim setelah dipisahkan menjadi Gubernur Jenderal pertama dan jawaharlal Nehru menjadi presiden pertama India yang tetap menjadi pendukung terkuat untuk sebuah negara bersatu ditembak oleh seorang pelatih agama Hindu pada Tahun 1948.

Demografi dan kondisi geografis India merupakan negara terbesar ketujuh di dunia dengan luas 3.287.590 km2 2.9360 diantaranya merupakan luas daratan atau kira-kira merupakan 2% dari total daratan dunia menempati urutan ke 73, jika diurutkan bersama luas negara lainnya yakni 79.6095 km2. Wilayahnya terletak di kawasan Asia Selatan India berbatasan dengan laut Arab dan Teluk Benggala antara burung dan Pakistan sedangkan Pakistan berbatasan dengan laut Arab antara India di timur dan Iran serta jenis dan di barat dan Tiongkok di utara.

Tidak hanya luas negara pun jauh yakni India dengan satu miliar 30314 negara Pakistan dengan 238 juta rp181.000 berdasarkan perkiraan Juli 2021, karena itu ia didapuk sebagai negara terpadat kedua di dunia sedangkan bagian tersendiri menjahit terpadat. Bagaimana bentang alam negara India dibedakan menjadi tiga kawasan yaitu daerah pegunungan Himalaya dataran rendah dan Semenanjung bagian selatan di sisi lain topografi.

Baca Juga :   Ledakan Penduduk di Dunia Semakin Cepat dan Mengkhawatirkan

Pakistan terdiri atas dataran dataran tinggi Timur dataran tinggi balok kista di barat seperti yang kita ketahui agama mayoritas tujuan negara juga berbeda sebab di negara beribukota New Delhi 79% penduduknya memeluk agama Hindu sedangkan 90% penduduknya negara beribukota memeluk Islam sebagian besar dari mereka beraliran seni sedangkan sisanya pengikut Syiah dan Ahmadiyah Pakistan juga merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia.

Sistem pemerintahan baik India maupun Pakistan sama-sama memiliki sistem pemerintahan parlementer Republik konstitusional karena itu secara lengkap India dikenal sebagai Republik India dan Pakistan sebagai Republik Islam Pakistan India membagi kekuasaan antara pemerintah pusat di New Delhi tersebut, pemerintah negara bagian di mana cakupannya dibuat dari bekas provinsi Inggris dan negara bagian di India dibagi kepada dua negara bagian yang kemudian dibagi ada 6 wilayah persatuan.

Serta wilayah ibukota nasional Deli sementara itu Pakistan yang dibagi menjadi 4 provinsi 2 wilayah dan 1 wilayah ibu kota setiap provinsi memiliki majelis provinsi berupa badan legislatif yang dipilih secara langsung dengan anggota yang dipilih untuk masa jabatan 5 tahun setiap berjenis memilih seorang ketua menteri yang nantinya akan memilih tri dari kabinetnya adalah Republik demokrasi sosial sekuler yang berdaulat negara bagian terbesar dengan pemerintahan yang dipilih secara demokratis seperti Amerika Serikat.

India memiliki bentuk pemerintahan Federal namun pemerintah pusat yang memiliki kekuasaan yang lebih besar dalam hubungannya dengan negara bagian dan pemerintah pusatnya berpola seperti Inggris kurang lebih demikianlah sistem pemerintah federal bekerja.

Ekonomi orang India dilaporkan tumbuh hingga 13,5% pada Kuartal April Juni 2022 pasca pemulihan pandemi meski angka tersebut berada di bawah ekspektasi 16,2% yang ditargetkan dan oksigen atau tetap saja India berhasil menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima dunia.

Berdasarkan laporan 3 September 2022 yang disiarkan Kompas, India bahkan menyalip Inggris yang kini menempati urutan ke 6 berbanding terbalik dengan itu ekonomi tidak baik-baik saja dalam periode yang sama negara ini menghadapi tantangan ekonomi yang parah selama berbulan-bulan, menyebabkan kenaikan harga makanan, gas, dan minyak.

Baca Juga :   Sekarang Tidak Lagi PS VR2 untuk mengundang pre-order langsung dari Sony

Inflasi melonjak dan yang terdepresiasi dengan cepat membuat pemerintah sampai mencetak warganya untuk mengurangi minum teh mengenai ekonomi fakta ini Tentu saja tidak jauh-jauh dari aktivitas ekspor sebuah negara Adapun daftar teratas produk ekspor India 2021 yaitu permata dan perhiasan bahan kimia organik dan anorganik serta obat-obatan sementara kita main yang sama produk ekspor daftar teratas di Pakistan adalah aneka tekstil pakaian bekas pakaian rajut aksesori dan kabar.

Kekuatan militer berdasarkan peningkatan yang dilakukan oleh Global firepower Tahun 2022, ia berada di peringkat 4 sebagai berikut terkuat di Dunia Sementara Pakistan menempati posisi ke-9 dari 152 negara yang ada dalam daftar, sebagaimana diketahui India pernah terlibat dalam konflik teritorial berkepanjangan dengan Pakistan di dekatnya di wilayah Kashmir.

Sehingga jika mereka benar bertempur maka perbandingan kekuatan keluarnya dapat diurai sebagai berikut ini yang diperkirakan memiliki 1.445.000 personil aktif dalam angkatan bersenjatanya sedangkan Pakistan dengan 654.000 personil aktif, sebagai negara berkembang di India merupakan salah satu di antara pemimpin dunia dalam sebagai yakni 4730 kemudian kepemilikan artileri derek mereka sebanyak 4.040 peserta sebanyak 5.896 unit kendaraan lapis baja dan ratusan ribu orang.

Selain itu Pakistan tidak pernah memberitahukan secara terbuka mengenai persenjataan mereka, namun diperkirakan bahwa negara ini memiliki lebih dari 165 Joule dan ukir pada tahun 2021, meski demikian juga hadir dengan nuklir paling akurat di dunia yaitu Agni dan pergi dalam kategorinya masing-masing.

Faktanya kekuatan militer India berbanding lurus dengan besarnya anggaran yang mereka keluarkan dalam hal ini India berada di urutan 3 besar dunia di bawah Amerika Serikat dan Tiongkok dengan besaran 76,5 miliar dolar Amerika Serikat sedangkan anggaran tidak begitu besar yakni 1227 miliar dolar Amerika Serikat Menurut kalian apa yang dimiliki Dian namun tidak dengan Pakistan begitupun sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *