Ini Cara Anda Untuk Rencana Tindakan Asma

Ini Cara Anda Untuk Rencana Tindakan Asma
Ini Cara Anda Untuk Rencana Tindakan Asma (Pinterest)

KECEHINTECH – Asma bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa, tetapi rencana tindakan asma yang dirancang dokter dapat membuatnya dapat dikelola. Berikut cara menggunakannya. Apa yang perlu diketahui tentang rencana tindakan asma. Sekitar 8 persen orang Amerika menderita asma, suatu kondisi kronis yang mempengaruhi saluran udara paru-paru. Penderita penyakit ini sering batuk, mengi, atau mengalami sesak napas saat terkena pemicu seperti serbuk sari, debu, atau olahraga.

Ini karena asma menyebabkan hipersensitivitas di saluran udara tabung yang mengalirkan udara masuk dan keluar dari paru-paru. Jika terkena sesuatu yang memicu kepekaan ini, dinding yang melapisi saluran udara ini meradang, membengkak, dan mengencang.

Gejala asma yang dihasilkan dapat mengancam jiwa. Menurut Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA), asma bertanggung jawab atas lebih dari 3.500 kematian per tahun.

Tetapi asma juga dapat memengaruhi kualitas hidup sehari-hari seseorang. Jika tidak dikelola dengan baik, asma dapat memengaruhi tidur dan kemampuan Anda untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik, dan bahkan meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kronis lainnya, seperti penyakit jantung koroner, rheumatoid arthritis, dan diabetes, menurut sebuah studi di Allergy, Asthma, dan Penelitian Imunologi.

Siapa yang berisiko terkena asma?

Dokter tidak yakin persis apa yang menyebabkan asma. Tetapi beberapa faktor dapat berperan dalam perkembangannya, jelas Jennifer Monroy, MD, ahli alergi dan imunologi Universitas Washington di Rumah Sakit Barnes-Yahudi di Saint Louis, Missouri.

“Seseorang dapat berisiko lebih tinggi terkena asma jika mereka memiliki orang tua dengan asma,” katanya. Seiring dengan hubungan genetik potensial ini, orang mungkin berisiko lebih tinggi terkena asma jika mereka memiliki:

Paparan dini terhadap iritasi lingkungan seperti asap rokok atau polusi udara Penyakit pernapasan saat kecil yang menyebabkan kerusakan pada paru-paru Eksim, rinitis alergi, atau obesitas
Pekerjaan yang menempatkan mereka dalam kontak dengan iritasi pekerjaan, seperti bahan kimia tertentu atau debu industri “Begitu proses dalam tubuh mulai mengarah ke asma, itu tidak dapat dibatalkan,” kata Dr. Monroy. “Itulah mengapa itu tidak dapat disembuhkan saat ini.”

Baca Juga :   6 Tanda Anda Menghadapi Mikromanipulator

Namun sementara itu adalah kondisi kronis seumur hidup, asma dapat dikendalikan dan orang-orang dengan penyakit ini dapat hidup normal dan sehat dengan strategi pribadi yang dirancang oleh dokter.

“Rencana tindakan asma adalah petunjuk tertulis tentang bagaimana mengelola asma seseorang,” jelas Lorene Alba, direktur pendidikan di AAFA. Dengan pendekatan khusus ini, penderita asma dapat mengurangi risiko gejala parah, mencegah kerusakan paru-paru, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Mengapa rencana tindakan asma itu penting?

Rencana tindakan asma bertujuan untuk mempersenjatai orang dengan informasi dan panduan yang mereka butuhkan untuk menjaga asma mereka tetap terkendali sehingga gejalanya tidak terlalu mengganggu kehidupan sehari-hari mereka.

Joi Lucas, MD, ahli paru pediatrik bersertifikat dan kepala pediatri di Lakeland Regional Health di Lakeland, Florida, menjelaskan bahwa asma dianggap terkontrol dengan baik jika seseorang:

Bergejala kurang dari dua hari per minggu Tidak mengalami kesulitan dengan aktivitas rutin Menggunakan obat penyelamat seperti albuterol kurang dari dua hari per minggu Tidak bangun semalaman dengan gejala lebih dari dua kali per bulan “Penting bagi Anda untuk memiliki rencana tindakan asma yang dipersonalisasi untuk memahami cara mengobati gejala asma Anda secara optimal,” kata Dr. Lucas.

Pemicu asma bervariasi dan berbeda untuk setiap orang, jelasnya. Tetapi dengan rencana tindakan asma, orang tahu persis apa yang harus dilakukan setiap hari dan bagaimana merespons jika gejalanya memburuk.

Baca Juga :   Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Satu Minggu

Apa yang termasuk dalam rencana tindakan asma?

“Gejala asma bisa terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dengan cepat,” kata Alba. “Rencana tindakan asma menjelaskan tanda dan gejala asma yang memburuk dan bagaimana merespons dalam keadaan darurat pernapasan.”

Dr Lucas mengatakan bahwa biasanya, rencana ini memiliki zona merah, kuning, dan hijau yang berkorelasi dengan gejala yang sangat parah, tidak terkendali, dan terkendali.

Panduan berkode warna kemudian menghilangkan dugaan pengobatan asma, sehingga memudahkan orang (atau pengasuh) untuk mengelola kondisi mereka secara efektif.

Panduan gejala

Rencana tindakan asma menjelaskan ketika gejala menunjukkan masalah sambil menawarkan instruksi yang jelas tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Misalnya, rencana akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan jika: Anda bernapas dengan normal, tidur sepanjang malam, dan tidak memiliki batasan pekerjaan atau bermain. Anda telah terpapar pemicu yang diketahui, menunjukkan tanda-tanda pertama pilek, merasakan dada sesak, atau batuk di malam hari. Obat asma Anda tidak membuat Anda merasa lebih baik, Anda mengalami kesulitan bernapas atau berbicara, atau hidung Anda terbuka lebar.

Pembacaan aliran puncak beberapa rencana tindakan asma juga mencakup pembacaan peak flow meter di samping panduan gejala, membantu orang lebih mengenali tanda-tanda peringatan dini eksaserbasi asma (alias serangan asma). Orang dengan asma dapat mengambil pembacaan aliran puncak mereka sendiri menggunakan handhel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *