Cara Mengatasi iOS Update Terbaru Bikin Baterai Boros

Update iOS Terbaru Bikin Baterai iPhone Boros? Begini Cara Mengatasinya

KECEHINTECH – Beberapa hari yang lalu, Apple merilis iOS 16.2, update yang telah lama ditunggu-tunggu untuk sistem operasi mobile yang populer. Versi iOS terbaru telah menerima ulasan yang sangat positif dari pelanggan setia Apple.

Namun, sejumlah kecil pengguna masih memerlukan bantuan untuk masalah pasca-pembaruan. Masalah yang paling umum adalah durasi pakai baterai iPhone tidak selama sebelumnya. Jika Anda mengalami masalah ini, artikel ini memiliki beberapa rekomendasi untuk meningkatkan daya tahan perangkat Anda dengan iOS 16.2.

Cara Meningkatkan Daya Tahan iPhone setelah Update iOS 16.2
1. Matikan Layanan Lokasi

Beberapa situs web dan aplikasi mungkin meminta izin (permission) kepada Anda untuk menggunakan layanan lokasi saat diluncurkan atau diakses. Fitur ini bisa sangat membantu untuk hal-hal seperti menemukan restoran terdekat atau menggunakan apIikasi navigasi seperti Maps, tetapi aplikasi seperti media sosial seringkali secara rutin meminta akses lokasi bahkan saat mereka tidak benar-benar membutuhkannya.

Aplikasi yang sangat bergantung pada layanan lokasi mempunyai dampak yang signifikan pada masa pakai baterai. Mengecek ulang izin setiap aplikasi sangat penting dalam hal ini. Di menu Pengaturan (Settings), pilih Privacy & Security > Location Services untuk menemukan opsi untuk menonaktifkan akses lokasi untuk aplikasi tertentu atau keseluruhan sistem sesuai kebutuhan Anda.

2. Mematikan 5G

iPhone 12 (Pro) adalah perangkat pertama yang mendukung standar nirkabel generasi kelima atau 5G. Di Amerika Serikat, ini adalah tren yang besar, tetapi tidak begitu revolusioner di negara lain. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada ruang yang besar untuk peningkatan jangkauan jaringan 5G di Amerika Serikat. Meskipun penggunaan 5G itu sendiri tidak berdampak pada masa pakai baterai, masalah muncul saat Anda berada di titik puncak antara 5G dan 4G/LTE lalu iPhone Anda tidak dapat memutuskan layanan mana yang akan dilanggan. Mematikan 5G akan memperpanjang masa pakai baterai Anda secara signifikan jika Anda berada di area yang biasa beralih antara 4G/LTE dan 5G.

Baca Juga :   Belajar Komponen Tampilan LED Detail Ilmu Fisika Dibaliknya

3. Memanfaatkan Dark Mode

Semua iPhone yang dibuat setelah iPhone X memiliki layar OLED, kecuali iPhone XR, iPhone 11, dan iPhone SE. Kegelapan ditampilkan pada layar khusus ini dengan mematikan piksel. Situs teknologi Phone Buff membuat video khusus menandingkan daya tahan baterai antara mode gelap dan mode terang (light mode) di iPhone. Hasilnya cukup signifikan. Pada dua jam pertama, selisih konsumsi baterai masih terlihat tidak terlalu jauh. Dari 100 persen, mode Light turun sampai 83 persen, sedangkan mode Dark turun sampai 88 persen. Namun setelah enam jam berlalu, sangat terlihat selisihnya. Mode Dark masih tersisa 43 persen sedangkan mode Light hanya tersisa 20 persen.

Dengan kata lain, menggunakan Dark Mode pada layar OLED sama dengan lebih sedikit daya baterai yang dikonsumsi, memungkinkan Anda untuk memperpanjang umur baterai Anda, semakin gelap layarnya. Karena itu, menggunakan dark mode pada iPhone yang disebutkan di atas adalah metode yang sangat baik untuk menghemat masa pakai baterai dan memperpanjang masa pakai sekali pengisian daya. Buka Display & Brightness di pengaturan IPhone Anda untuk mengaktifkan Dark Mode. Halaman Options juga menawarkan kesempatan untuk memprogram peralihan otomatis antara Light dan Dark.

Baca Juga :   AI Text-to-speech VALL-E Ini Bisa Menirukan Suara Orang

4. Aktifkan Low Power Mode

ntuk memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan, cukup pilih pengaturan yang sesuai. Dengan beralih ke mode hemat daya, yang menghilangkan atau membatasi sejumlah kemampuan, masa pakai baterai dapat ditingkatkan secara signifikan. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa dalam keadaan ini, keefektifan perangkat akan sedikit berkurang.

5. Batasi permintaan background update

Saat Anda menggunakan beberapa aplikasi, data di sana dapat diperbarui secara otomatis. Ini menjamin bahwa Anda akan selalu dapat melihat perubahan terbaru pada aplikasi favorit Anda, seperti umpan jejaring sosial, prediksi cuaca, dll., segera setelah tersedia. Karena semuanya terjadi sementara itu, ini jelas menghabiskan lebih banyak baterai Anda. Anda dapat membatasi pembaruan latar belakang jika tidak keberatan menunggu beberapa detik untuk konten baru setelah membuka aplikasi atau memperbaruinya secara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *