BMW Perkenalkan i Vision Dee, Mobil Bisa Berubah 32 Warna

author

KECEHINTECH – Produsen otomotif asal Jerman, BMW resmi memperkenalkan mobil konsep terbaru besutannya yang bisa berubah warna menyesuaikan kebutuhan atau keinginan penggunanya dalam acara tahunan CES (Consumer Electronics Show CES) 2023.

Konsep tahun ini berbeda dari tahun lalu di mana eksterior mobil yang semula ditawarkan terbatas, yakni hanya berubah dari warna hitam ke putih, atau sebaliknya, kini menawarkan 32 pilihan dengan warna yang berbeda-beda.

Hal ini karena BMW menggunakan teknologi “E-ink 240 colors”. Teknologi E-ink sendiri merupakan teknologi layar yang dapat berubah warna.

Secara teknis, panel e-ink yang dipotong-potong dengan laser ini direkatkan ke seluruh badan dan bagian pelek mobil, sehingga memungkinkan mobil berubah warna.

Konsep baru ini diberi nama “i Vision Dee”. Dee sendiri merujuk pada singkatan dari Digital Emotional Experience. Perubahan warna yang terjadi tidak hanya pada bagian eksterior mobilnya saja, tetapi warna rodanya juga turut berubah.

Baca Juga :   Roland Memperkenalkan Perkusi CR-78 dan Bass 808

BMW juga membuat teknologi antarmuka (User Interface/UI) mobil yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan asisten virtual berbasis suara (voice-driven virtual assistants). Pengguna bisa memanggil “Dee” untuk mengaktifkan asisten virtual.

Kemampuan berinteraksi itu tidak hanya dapat dilakukan di dalam mobil saja, tetapi juga di luar mobil. Di bagian “muka” mobil, sedan tersebut hadir dengan panel yang dapat menciptakan sebuah ekspresi wajah, reaksi senang, kaget, dan ekspresi lainnya. Sehingga komunikasi yang dilakukan terkesan lebih interaktif.

Mobil tersebut juga dibekali teknologi head-up display (HUD), tetapi dengan versi yang lebih “canggih”. Jika teknologi HUD umumnya hanya muncul di depan kaca pengemudi, kali ini tampilan HUD bakal hadir di seluruh kaca depan mobil.

Selain itu, untuk mengatur tampilan apa saja yang ingin dimunculkan ke kaca pengemudi, BMW memiliki kontrol layar sentuh di samping setir mobil yang dinamakan “Mixed Reality Slider”.

Baca Juga :   Membungkuk pada Tekanan, Unity Mengumumkan Syarat-syarat Penyerahannya

Kontrol tersebut nantinya akan terdiri dari lima lingkaran yang membentang secara horizontal. Pengguna tinggal mengeser dari satu lingkaran ke lingkaran sebelahnya untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan.

Misalnya, “Mixed Reality Slider Level 1” berada lingkaran paling ujung kiri. Di level tersebut, sistem bakal menjelaskan informasi kepada pengemudi tentang lingkungan luar, dan memunculkan informasi terkait kecepatan yang ditempuh pengemudi, dan jarak tempuh mobil di layar depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *