Bikin Stiker WhatsApp Makin Mudah Dengan Update iOS iPhone

author

KECEHINTECH – WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting paling populer, dan salah satu fitur yang paling disukai adalah kemampuan mengirim stiker. WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk membuat paket stiker (sticker pack) custom sejak 2018. Namun, membuat stiker custom tidak terintegrasi secara native ke dalam aplikasi dan mengharuskan pengguna mengandalkan aplikasi lain untuk membuat stiker WhatsApp. Sekarang, dalam update terbarunya, WhatsApp telah membuat proses pembuatan stiker jauh lebih mudah dengan memungkinkan pengguna mengubah foto apa pun menjadi stiker langsung dari aplikasi di iPhone mereka, membuat percakapan menjadi lebih personal dan menyenangkan.

Menurut WABetaInfo, situs web yang melacak perubahan di WhatsApp, versi aplikasi iOS diam-diam telah menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengubah foto galeri mereka menjadi stiker WhatsApp tanpa bergantung pada aplikasi pihak ketiga mana pun.

Selain itu, laporan tersebut menunjukkan bahwa fitur ini sekarang tersedia di WhatsApp versi 23.3.77 untuk iPhone dan dapat diunduh dari Apple App Store.

Pengguna WhatsApp di iPhone sekarang dapat menikmati fitur pembuat stiker custom asli. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat memilih foto dari album iPhone mereka dan mengubahnya menjadi stiker WhatsApp.

Proses pembuatan stiker custom di WhatsApp for iPhone bukanlah fitur bawaan. Sebaliknya, aplikasi ini memanfaatkan kemampuan API iOS 16 untuk memisahkan subjek dari gambar melalui gerakan menekan lama dan drag-and-drop.

Setelah memisahkan subjek, pengguna dapat mendrag-and-drop ke dalam chat WhatsApp untuk membuat stiker. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia di iPhone yang menjalankan iOS 16 atau lebih baru. Versi iOS yang lebih lama tidak mendukung fungsi ini, sehingga pengguna di iOS 15 atau lebih rendah tidak akan dapat menggunakan fitur baru ini di WhatsApp.

Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara membuat stiker WhatsApp dengan pembaruan iOS 16 yang baru.

Sebelum Anda dapat membuat stiker WhatsApp di iPhone, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memperbarui ke iOS 16. Untuk melakukannya, buka Settings > General > Software Update dan ikuti petunjuk untuk update iPhone Anda.

Baca Juga :   Huawei MatePad Terbaru: Performa Unggulan dan Fitur Inovatif

LANGKAH 1. Buka aplikasi Foto di iPhone.

LANGKAH 2. Pilih foto dan tekan lama untuk memisahkan subjek dari gambar.

LANGKAH 3. Seret dan lepas subjek ke dalam percakapan WhatsApp apa pun.

LANGKAH 4. WhatsApp akan meminta pengguna untuk mengubah subjek menjadi stiker.

LANGKAH 5. Setelah stiker dibuat, stiker tersebut dapat ditemukan di koleksi stiker WhatsApp dan dapat digunakan untuk percakapan lain juga.

Perlu dicatat bahwa iMessage dan Telegram juga memungkinkan Anda membuat stiker dari foto menggunakan metode yang sama.

Lainnya tentang WhatsApp

Awal bulan ini, WhatsApp merilis pembaruan untuk aplikasi iOS-nya yang menambahkan dukungan picture-in-picture untuk video call. Dengan demikian, pengguna dapat membuka aplikasi lain tanpa mengganggu panggilan.

Pada saat yang sama, platform milik Meta ini sedang membuat fitur newsletter baru yang memungkinkan pembuat mendistribusikan pesan ke sejumlah banyak pengguna lain dalam kontak. WhatsApp juga dikabarkan sedang mengerjakan opsi untuk memungkinkan pengguna mengedit pesan terkirim. Namun, tidak jelas kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna.

7 Cara Memperbaiki Stiker Custom Tidak Muncul di WhatsApp

Terkadang saat mengakses stiker custom, stidker tersebut tidak muncul. Jika Anda menghadapi masalah yang sama, inilah 7 cara mengatasi stiker custom tidak muncul di WhatsApp.

1. Restart iPhone Anda

Me-restart perangkat Anda akan mengakhiri semua proses dan memulainya lagi. Ini dapat membantu mengatasi kesalahan dan gangguan aplikasi dengan memuat ulang data aplikasi. Dalam jangka panjang, selalu disarankan untuk sering me-restart perangkat Anda.

2. Cek Sticker Pack

Ada baiknya memeriksa apakah stiker telah didownload dan dimasukkan ke WhatsApp Anda. Inilah cara Anda dapat memeriksanya.

Langkah 1: Buka WhatsApp dan ketuk ruang chat apa saja.

Baca Juga :   Lihat Ini Cara Menjaga Data Privasi Ponsel Android Anda

Langkah 2: Lalu, pilih icon emoji dan pilih icon stiker di sebelah icon GIF.

Langkah 3: Sekarang, pilih icon “ + “ di bagian bawah.

Langkah 4: Pilih My Stickers.

3. Periksa Koneksi Jaringan

WhatsApp memerlukan koneksi internet aktif untuk mengirim dan menerima pesan. Jadi, jika stiker custom WhatsApp Anda tidak muncul dengan benar, memeriksa pengaturan koneksi jaringan Anda mungkin bisa membantu.

5. Aktifkan Background App Refresh

Eksklusif untuk iPhone, opsi background app refresh membantu memperbarui data aplikasi Anda, bahkan saat sedang tidak digunakan. Ini juga akan memungkinkan WhatsApp untuk terus mengupdate paket stiker custom Anda, memperbaiki masalah seperti paket stiker yang tidak muncul dengan benar. Berikut cara mengaktifkannya.

Langkah 1: Buka Settings dan pilih WhatsApp.

Langkah 2: Di sini, aktifkan untuk ‘Background App Refresh’.

6. Update WhatsApp

Jika stiker masih tidak muncul dengan benar, mungkin ada baiknya memeriksa apakah Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru. Ini akan memastikan bahwa perangkat Anda mendapatkan akses ke fitur-fitur WhatsApp terbaru bersama dengan tambalan keamanan dan perbaikan bug yang diperlukan

8. Uninstall dan Install Ulang WhatsApp

Jika Anda masih menghadapi masalah saat memuat atau menggunakan stiker WhatsApp khusus, meng-uninstall aplikasi mungkin bisa menjadi solusinya. Tindakan ini akan menghapus semua data dan izin aplikasi. Ini juga dapat membantu jika belum ada update terbaru .

Setelah selesai, cukup install ulang WhatsApp di perangkat Anda dan periksa lagi.

Catatan: Pastikan untuk mem-back up data WhatsApp Anda sebelum menghapus aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *