Bersiaplah Yang Hobi Dunia Desain Grafis di Tahun 2023

8 Tren yang Akan Menguasai Dunia Desain Grafis di Tahun 2023

KECEHINTECH – Dunia desain grafis tidak lagi hanya memikirkan seberapa indah karya Anda untuk dipandang, tetapi juga tentang menciptakan dampak yang tepat pada pandangan pertama yang melihatnya. Oleh karena itu sudah mulai bermunculan banyak tren baru yang akan membantu desainer grafis untuk mencapai tujuan ini. Berikut ini adalah tren yang akan sangat popular jika ingin menaklukan dunia desain grafis di tahun 2023.

8 Tren yang Akan Menguasai Dunia Desain Grafis di Tahun 2023

1. Kreatifitas yang Bergerak / Motion Graphics

2023 akan menjadi tahun di mana gambar stasis menjadi tren kuno karena semakin banyak perusahaan menyampaikan pesan mereka melalui motion graphic dan animasi. Mengapa demikian? Kita hidup dalam visual culture. Informasi yang mungkin membutuhkan waktu berjam-jam untuk dipahami dapat direpresentasikan dengan motion graphic yang sederhana dan mudah dikonsumsi secara tertulis.

Motion graphic dapat digunakan untuk mengekspresikan ide, bagan, grafik, dan barang atau jasa dengan cara yang murah dan kontemporer. Anda dapat menggunakan motion graphic untuk menceritakan kisah yang ingin Anda sampaikan dengan menggunakan gerakan tanpa perlu bertubi-tubi. Ditambah lagi, Motion graphic memang terbukti lebih memanjakan mata untuk dilihat, dan meningkatkan engagement pengguna.

2. AI Art: Teman atau Lawan?

Dengan munculnya Dall-E 2 yakni kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan gambar dari serangkaian kata, media sosial dikagetkan dengan betapa mudahnya mewujudkan imajinasi mereka menjadi gambar hanya dengan menggunakan serangkaian kata dalam platform tersebut. Meskipun AI juga cukup menuai beberapa kontroversi dikalangan seniman dan desainer di dunia maya, suka atau tidak, tidak bisa dipungkiri kalau desain yang dihasilkan AI akan terus bermunculan, terutama dengan GPT-4 OpenAI yang akan datang.

Baca Juga :   Waduh! Data 400 Juta Pengguna Twitter Bocor Dijual di Forum Hacker

3. Bentuk-Bentuk yang Mencolok

Untuk menarik perhatian, desainer telah menggunakan bentuk dan warna yang mencolok dalam desain mereka agar menonjol di antara perusahaan lain. Tentu saja dengan begitu tren ini tidak akan tersingkirkan di tahun 2023.

4. Makin Banyak Dimensi

Dengan kemajuan teknologi, kini sudah kian sangat mudah untuk menghasilkan rendering berbentuk tiga dimensi. Kita dapat mengharapkan tahun 2023 untuk memiliki logo, halaman web, dan lainnya yang hadir dengan elemen 3D yang membuat yang melihat tertarik dan tetap berada dihalaman website Anda. Rendering akan menciptakan dampak dalam hal-hal seperti tipografi dan penambahan karakter.

5. Kreatif sambil Inklusif

Gerakan yang menciptakan dampak sekaligus mempromosikan inklusivitas memainkan peran besar di tahun 2022. Dengan demikian, tidak aneh untuk berasumsi bahwa pada tahun 2023, desainer akan terus memasukkan inklusivitas dalam visual mereka. Perlu diingat bahwa setiap brand bertujuan untuk memenangkan hati setiap pengikutnya, sehingga dapat dipastikan inklusivitas untuk terus tercermin dalam brand perusahaan, terutama dalam desainnya.

6. Dunia Virtual Menghasilkan Desain Virtual

Semakin banyaknya perusahaan yang mencoba terjun ke dalam dunia VR, kita dapat pastikan desain grafis untuk mengikutinya. Desainer dapat memanfaatkan keterampilan mereka untuk membuat desain yang benar-benar menarik perhatian Anda dan lebih imersif dari sebelumnya. Dengan platform seperti Metaverse, PSVR, serta Quest 2, kreativitas makin tidak terbatas dari sebelumnya.

Baca Juga :   Ayo Pahami Cara Kerja kemudi Pada mobil & Power steering

7. Masa Lalu Adalah Masa Depan

Gaya visual tahun 90-an yang melimpah di tahun 2022 akan berlanjut hingga tahun 2023, sehingga kita dapat mengharapkan lebih banyak ilustrasi dengan palet warna cerah retro di setiap sampul poster dan hal lain yang dijamin akan membangkitkan rasa nostalgia.

8. Minggir ya Minimalis, Kini Saatnya Maximalis

Dari tahun 2020 hingga 2022, kita melihat banyak sekali perusahaan mulai dari Firefox, Google, dan masih banyak lagi yang mengadopsi desain minimalis pada logo mereka. Meskipun ada keindahan dalam kesederhanaan dalam dunia desain, belum ada yang menyaingi pesan visual yang dapat disampaikan.

Meskipun pada masa pasca-pandemi perusahaan banyak yang berfokus pada desain minimalis, dapat dipastikan bahwa desainer grafis akan menjelajahi kebebasan dunia yang baru di era pasca-pandemi covid-19 ini. Kini saatnya mereka mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan karya yang mendobrak batasan dan mengisi ruang kosong secara efektif yang dihasilkan oleh desain minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *