Berikut Pekerjaan Teknologi yang Sangat Dibutuhkan di 2023

5 Pekerjaan Teknologi yang Sangat Dibutuhkan di 2023

KECEHINTECH – Tahun 2023 sebentar lagi dan teknologi terus berkembang, dan inilah daftar 6 pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan untuk tahun mendatang.

Ketika dunia semakin berkembang, teknologi pun mengikutinya. Pasar kerja pun semakin dinamis untuk memenuhi kebutuhan sektor yang mengalami perubahan ke arah digital.

Lalu, apa saja daftar pekerjaan yang sangat dibutuhkan demi menghadapi tahun 2023 mendatang?

1. Data Scientist

Di urutan pertama ialah Data Scientist atau Ilmuwan Data. Di zaman serba digital, data diibaratkan seperti emas karena sangat berharga demi acuan untuk pengambilan keputusan hingga landasan guna meningkatkan pendapatan perusahaan.

Ketika perusahaan mengandalkan data, kemungkiann besar produktivitas perusahaan tersebut akan tetap kompetitif dibandingkan kompetitornya. Dengan data, perusahaan dapat melihat peluang, memprediksi tren pasar, hingga merancang strategi untuk pertumbuhan bisnis ke depannya.

Menurut Biro Tenaga Kerja dan Statistik (BLS) Amerika Serikat, di tahun 2021, Data Scientist mendapatkan gaji tahunan sebesar US$108,660 atau setara 1,69 miliar rupiah. BLS juga memprediksi bahwa pekerjaan ini akan tumbuh hingga 36% dari 2021 ke 2031 mendatang.

2. Full-Stack Developer

Pekerjaan Full-Stack Developer menaungi front-end maupun back-end pada sebuah situs web maupun aplikasi berbasis web.

Pada tahun 2023 mendatang, semakin banyak perusahaan pemula yang cenderung memilih full-stack developer untuk membangun komponen produk secara end-to-end dengan efisien.

Baca Juga :   Final Fantasy VII Rebirth Akan Hadir di PS5 2024

Menurut BLS Amerika Serikat, pekerjaan ini akan tumbuh hingga 23% antara tahun 2021 dan 2031.

3. Cloud Engineer

Komputasi awan (cloud computing) dibutuhkan bisnis untuk menyimpan data berskala besar dan mempermudah akses dari jarak jauh secara fleksibel serta efisien. Untuk mengoperasikan komputasi awan ini dibutuhkan seorang cloud engineer atau insinyur awan sebagai pekerjaan profesional IT yang memiliki spesialis seputar desain, manajemen, hingga pemeliharaan teknologi cloud computing.

Mereka dapat bekerja sebagai arsitek cloud (bertanggung jawab atas infrastruktur cloud), insinyur keamanan cloud (untuk menjaga keamanan platform berbasis cloud), pengembang perangkat lunak cloud (untuk membangun dan memelihara perangkat lunak dan database untuk sistem cloud), dan lain sebagainya.

Menurut Zippia, pandemi membuat 61% bisnis memindahkan beban kerja mereka ke cloud pada tahun 2020. Kemudian pada tahun 2022, 94% perusahaan mulai memanfaatkan layanan cloud. Melihat tren tersebut, tidak heran jika pekerjaan insinyur awan ini akan sangat dibutuhkan di tahun 2023 mendatang.

4. Software Engineer

Software engineer menjadi salah satu cabang ilmu komputer yang berfokus untuk mendesain, mengembangkan, menguji, dan memelihara sebuah software.

Insinyur perangkat lunak (software engineer) terlibat dalam produksi program komputer, aplikasi mobile, sistem operasi, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya.

Pengembangan software sebagai bagian dari software engineer juga sangat diminati. Menurut BLS AS, pekerjaan ini akan tumbuh 25% antara tahun 2021 hingga 2031 mendatang. Pada tahun 2021 sendiri, gaji rata-rata pekerjaan ini ialah US$109.020 atau setara 1,7 miliar per tahunnya.

Baca Juga :   Tesla Mengumumkan Recall 200,000 Kendaraan Akibat Kamera Mundur Bermasalah

5. Information Security Analyst

Analisis keamanan informasi merupakan pekerjaan profesional yang bertanggung jawab atas keamanan digital dengan cara melindungi jaringan dan sistem komputer sebuah organisasi.

Sebagai analisis keamanan informasi, mereka bekerja sama dengan administrator jaringan dan tim IT lainnya guna bertujuan menjaga keamanan informasi suatu perusahaan dari adanya serangan cyber attack.

Beberapa pekerjaan mereka ialah melakukan pengujian untuk mengindentifikasi kerentanan, menginstall software keamanan, hingga membuat protokol keamanan informasi.

Menurut BLS Amerika Serikat, pekerjaan ini akan tumbuh sebesar 35% dari 2021 hingga 2031 mendatang dengan rata-rata upah tahunan sebesar $113,270 atau setara dengan 1,77 miliar rupiah.

Itulah daftar 5 pekerjaan yang sangat dibutuhkan dunia kerja pada tahun 2023 mendatang. Apakah kalian tertarik untuk menjadi salah satunya?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *