Berikut Laptop Gaming Asus Prosesor Intel Raptor Lake 2023

6 Laptop Gaming Asus ROG dengan Prosesor Intel Raptor Lake Hadir di Indonesia

KECEHINTECH – Pada acara CES 2023, Asus memamerkan sederet laptop gaming yang ditenagai oleh prosesor Raptor Lake atau dikenal dengan Intel Core Generasi ke-13 yang akhirnya kini diboyong ke Indonesia.

Apa itu CES? CES yang juga dikenal sebagai Consumer Electronics Show, adalah sebuah pameran dagang teknologi terbesar tahun ini. Acara ini akan memberi kita pandangan awal tentang perkembangan terbaru pada TV dan laptop, gadget smart home yang berguna, dan beberapa ponsel, monitor, mobil, dan smart toilets di antaranya.

Untuk tahun 2023, CES berlangsung dari 5 Januari hingga 8 Januari. Namun untuk beberapa merek seperti Samsung, LG, Sony, dan lainnyaΒ memulai acara konferensi pers pada 4 Januari.

Nah, ada seri laptop gaming apa saja yang dibekali prosesor Raptor Lake? Berikut daftarnya:

6 Laptop Gaming Asus ROG dengan Prosesor Intel Raptor Lake

1. ROG Strix SCAR

Dari daftar laptop tersebut, seri ROG Strix SCAR merupakan varian dengan spesifikasi paling mewah. Ada dua varian dari seri tersebut, yaitu SCAR 16 dan SCAR 18 yang ditujukan untuk para hardcore gamers.

Prosesor Raptor Lake yang digunakan dipasangkan dengan chip grafis Nvidia RTX 40, yang merupakan kombinasi “mengerikan” bagi para gamer. Strix SCAR 2023 juga kompatibel dengan tampilan ROG Nebula dan ROG Nebula HDR.

Sistem pendingin yang digunakan adalah full width heating dan teknologi Tri-Fan. Pasta thremal yang digunakan juga ekstrim, yaitu logam cair Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang digunakan pada CPU dan GPU untuk pembuangan panas yang lebih baik.

ROG Strix SCAR terbaru ditenagai oleh prosesor Intel Core i9 13980HX Generasi ke-13 menggunakan performa 8 core dan konfigurasi 16 core yang efisien, serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W. Asus menjanjikan thermal headroom yang besar, artinya performa masih bisa ditingkatkan lebih kencang.

2. ROG Zephyrus M16

Berbeda dengan Strix SCAR yang fokus pada performa, lini Zephyrus juga mengutamakan tampilan laptop yang juga harus stylish dan mudah dibawa. Jadi selain cepat, lini Zephyrus ini juga tetap
menjaga portabilitasnya.

Baca Juga :   Sony Xperia 5 V Ponsel Unggulan dengan Sensor 52 Megapiksel

Di Zephyrus M16, Asus menggunakan sistem pendingin full-width heatsink dan teknologi Tri-Fan, yang memungkinkan mereka menjalankan CPU dan GPU dengan TDP lebih tinggi dari 20W dibandingkan tahun lalu. Prosesor Intel Core i9-13900H dan RTX 4090, yang merupakan prosesor laptop ini, menjanjikan tetap optimal di laptop ini.

Uniknya, Asus juga memasangkan AniMe Matrix LED di layar belakang Zephyrus M16, membuat laptop ini menonjol dari kompetitornya.

Untuk mengakomodir para gamer dan kreator konten, ROG Zephyrus M16 dilengkapi dengan layar ROG Nebula yang memiliki 100% DCI-P3 color gamut dan refresh rate 240Hz. Layar ROG Nebula di laptop ini juga memiliki sertifikasi layar PANTONE Validated dan memiliki resolusi QHD.

3. ROG Zephyrus G16

Selain ROG Zephyrus M16, ada juga ROG Zephyrus G16 yang menggunakan prosesor hingga Intel Core i9-13900H dan hingga chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070 yang dilengkapi MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Spesifikasi tersebut membuat ROG Zephyrus G16 terlihat seperti
laptop 16 inci yang ringkas namun bertenaga.

ROG Zephyrus G16 juga cocok untuk kreator konten. Dilengkapi dengan layar dengan rasio screen-to-body hingga 94% dan menggunakan standar ROG Nebula, ROG Zephyrus G16 pasti akan memanjakan para kreator. Layar ROG Nebula di ROG Zephyrus G16 dapat menghasilkan warna yang
kaya dan akurat, yang berarti gamut warna 100% DCI-P3, dan bersertifikat PANTONE Validated Display.

4. ROG Flow Z13

Laptop dan tablet gaming paling revolusioner di tahun 2022 hadir kembali dengan performa lebih bertenaga dan fitur baru yang lebih canggih. ROG Flow Z13 kini ditenagai oleh prosesor Intel
Core Generasi ke-13 yang lebih bertenaga, mendukung konektivitas terbaru seperti Thunderbolt 4, desain fleksibel yang dapat dilepas, dan dilengkapi dengan layar ROG Nebula.

Seperti pendahulunya, ROG Flow Z13 juga bisa dihubungkan dengan ROG XG Mobile yang merupakan perangkat GPU eksternal terbaik. Berkat ROG XG Mobile, ROG Flow Z13 bisa menjadi perangkat berperforma tinggi yang didukung chip grafis high-end terbaru.

Baca Juga :   Inovasi Terbaru dari Tesla Model 3 Long Range RWD

Tak hanya itu, ROG XG Mobile juga menawarkan beberapa port mulai dari HDMI, DisplayPort, dan USB Type-A untuk menghubungkan berbagai perangkat dan monitor tambahan.

5. ROG Strix G16/18

Seri ROG Strix G merupakan seri laptop ROG terpopuler, dan tahun ini kembali hadir dengan desain dan fitur baru serta tentunya performa yang lebih bertenaga. Hadir dalam dua varian layar, yakni 16
inci dan 18 inci, ROG Strix G16 dan Strix G18 mengusung prosesor Intel Core i9-13980HX dan hingga chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4080. Seri laptop ini juga hadir dengan layar ROG Nebula pilihan untuk kualitas visual terbaik.

6. TUF Gaming F15

TUF Gaming F15 kini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H Generasi ke-13 dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4000 Series. Ada juga beberapa peningkatan pada seri terbaru ini, salah satunya adopsi display hingga 144Hz, dengan 100% sRGB color gamut dan dukungan NVIDIA
G-Sync.

TUF Gaming F15 terbaru juga semakin tangguh. Tidak hanya bersertifikat lulus US Military Standard Endurance Test (MIL-STD-810H), laptop gaming ini juga memiliki kinerja yang solid berkat asupan daya CPU dan GPU yang lebih tinggi.

Laptop gaming keluaran Asus, ROG, memang salah satu laptop yang didedikasikan bagi seseorang yang gemar bermain game, apalagi game dengan spesifikasi yang dapat terbilang berat. Serial laptop-laptop ini dapat kamu jadikan referensi bagi kamu yang mau menunggu laptop gaming dengan spesifikasi yang hebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *