Berikut Ini Perlu Anda Ketahui Lebih Luas Tentang Wi-Fi 7

author

KECEHINTECH – Belakangan ini banyak orang mulai melakukan upgrade perangkat wifi yang mereka gunakan menuju Wi-Fi 6 hingga Wi-Fi 6E. Namun ternyata saat ini sudah ada Wi-Fi 7 yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. 

Wi-Fi 7 menjanjikan koneksi yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, hingga kemampuan untuk mengelola lebih banyak koneksi dengan baik jika dibandingkan Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E.

Untuk beralih ke Wi-Fi 7 saat ini mungkin kurang direkomendasikan, hal tersebut karena akan terjadinya kelangkaan dukungan atau support untuk menggunakannya. Namun, tahun 2023 akan menjadi waktu yang baik untuk mulai beralih menggunakan Wi-Fi 7 karena routernya akan rilis saat itu.

Apa itu Wi-Fi 7?

Menawarkan keccepatan empat kali lebih baik dibandingkan seri sebelumnya, Wi-Fi 7 merupakan kemajuan teknologi untuk mengurangi latensi, meningkatkan kapasitas, stabilitas, serta efisiensi dari jaringan internet.

Wi-Fi 7 memang akan tetap kompatibel untuk perangkat seri lama. Namun untuk memaksimalkan penggunaan fitur dari Wi-Fi 7 perlu dilakukan update perangkat. Update atau pembaruan perangkat bisa dimulai dari membeli router dan titik akses baru, atau bahkan penggantian perangkat smartphone, laptop, hingga TV.

Baca Juga :   WhatsApp Ada Fitur Bisa Kembalikan Pesan yang Salah Dihapus

Keuntungan penggunaan Wi-Fi 7?

Kemampuannya untuk lebih adaptif mempertahankan performa latensi serta mendukung lebih banyak koneksi, membuat Wi-Fi 7 akan sangat membantu dalam menghadirkan video berkualitas tinggi, cloud gaming yang lebih baik, dan kompatibel untuk penggunaan VR dan AR. Wi-Fi 7 juga akan mengatasi traffic dan gangguan jaringan yang tumpang tindih.

Perbandingan Wi-Fi 7 dan Wi-Fi 6E

Channel lebih luas. Semakin lebar dan luas channel yang dimiliki, maka semakin banyak data yang dapat di transmisikan. Wi-Fi 6E memiliki channel band selebar 160 MHz, sedangkan Wi-Fi 7 memiliki channel lebih lebar setara dengan 320 MHz.

QAM lebih tinggi. Quardrature Amplitude Modulation adalah sebuah metode untuk mentransmisikan serta menerima data dalam bentuk gelombang frekuensi radio. Semakin tinggi QAM makan akan semakin banyak informasi yang dapat dimasukkan. Wi-Fi 6E mendukung 1024-QAM, sedangkan Wi-Fi 7 mendukung 4K-QAM. Hal ini tentunya memberikan peningkatan kinerja sebesar 20 persen.

Multi-Link Operation. Dibandingkan seri sebelumnya yang hanya menetapkan koneksi anatara dua perangkat pada satu band, Wi-Fi 7 menyediakan Multi-Link Operation (MLO) yang akan mengkombinasikan beberapa frekuensi lintas band menjadi satu koneksi. Nantinya, MLO berpotensi memungkinkan channel yang lebih luas dapat mentransmisikan lebih banyak data lagi.

Baca Juga :   Membahas Keheningan Helikopter Ingenuity NASA di Mars

Kapan Wi-Fi 7 akan tersedia?

Perangkat dan router Wi-Fi 7 pertama akan mulai diluncurkan pada awal tahun 2023. Beberapa brand seperti; TP-Link, Qualcomm, Broadcom, hingga MediaTek juga sudah mengumumkan bahwa mereka akan merilis teknologi Wi-Fi 7 di tahun depan.

Meskipun Wi-Fi 7 akan rilis tahun depan, Wi-Fi 6E tidak akan serta merta dihapuskan dan menjadi tidak kompatibel lagi. Keduanya kemungkinan akan bisa berdampingan sebagai teknologi yang saling melengkapi untuk beberapa tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *