Berikut Chromebook terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2023

Berikut Chromebook terbaik yang dapat Anda beli di tahun 2023

KECEHINTECH – Memilih Chromebook terbaik, mengingat kebutuhan dan anggaran Anda, mungkin sulit dilakukan mengingat banyaknya model yang ada di pasaran saat ini. Kombinasi pembaruan perangkat lunak selama bertahun-tahun dan pabrikan laptop membuat laptop yang lebih kuat dan lebih baik berarti ada banyak mesin Chrome OS bagus yang bekerja dengan baik sebagai driver sehari-hari. Tetapi ada beberapa faktor khusus pada Chromebook yang harus Anda ingat sebelum memilihnya. Mulai dari Lenovo IdeaPad Flex 5i hingga Acer Chromebook Spin 714, pilihan teratas kami akan membantu Anda mengetahui Chromebook mana yang layak untuk Anda.

Apa itu Chrome OS, dan mengapa saya menggunakannya di Windows?

Itu mungkin pertanyaan nomor satu tentang Chromebook. Ada banyak laptop Windows murah di pasaran, jadi mengapa harus repot dengan Chrome OS? Senang Anda bertanya. Bagi saya, sifat Chrome OS yang sederhana dan bersih adalah nilai jual yang besar. Chrome OS didasarkan pada browser Google Chrome, yang berarti sebagian besar program yang dapat Anda jalankan berbasis web. Tidak ada bloatware atau aplikasi yang tidak diinginkan untuk dihapus seperti yang sering Anda dapatkan di laptop Windows, boot dalam hitungan detik, dan Anda dapat mengatur ulang sepenuhnya ke pengaturan pabrik hampir secepat itu.

Tentu saja, kesederhanaan juga menjadi kelemahan utama bagi sebagian pengguna. Tidak dapat menginstal perangkat lunak asli dapat menjadi pelanggar jika Anda seorang editor video atau pengembang perangkat lunak. Tetapi ada juga banyak orang yang melakukan sebagian besar pekerjaan mereka di browser. Namun Google dan mitra perangkat lunaknya menjadi lebih baik setiap tahun dalam mendukung fitur yang lebih canggih. Misalnya, Google menambahkan alat pengeditan video ke aplikasi Foto Google di Chromebook – itu tidak akan menggantikan Adobe Premiere, tetapi seharusnya berguna bagi banyak orang.

Google juga telah menambahkan dukungan untuk aplikasi Android di Chromebook, yang sangat memperluas jumlah perangkat lunak yang tersedia. Kualitasnya sangat bervariasi, tetapi itu berarti Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan Chromebook lebih dari sekadar aplikasi berbasis web. Misalnya, Anda dapat menginstal aplikasi Netflix dan menyimpan video untuk ditonton secara offline. Aplikasi Android lainnya seperti Microsoft Office dan Adobe Lightroom juga sangat mumpuni. Antara aplikasi Android dan peningkatan umum dalam aplikasi web, Chromebook lebih dari sekadar browser.

Baca Juga :   Samsung Galaxy Z Fold 5 Diskon $300 Saat Ini

Apa yang dilakukan Chromebook dengan baik?

Sederhananya, penjelajahan web dan apa saja yang benar-benar berbasis web. Menjelajah, streaming musik dan video, dan menggunakan berbagai situs media sosial adalah beberapa tugas sehari-hari yang paling umum dilakukan orang di Chromebook. Seperti yang Anda duga, mereka juga bekerja dengan baik dengan layanan Google seperti Foto, Dokumen, Gmail, Drive, Keep, dan sebagainya. Ya, komputer mana pun yang dapat menjalankan Chrome juga dapat melakukannya, tetapi sifat Google Chrome OS yang ringan membuatnya menjadi platform yang responsif dan stabil.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Chrome OS dapat menjalankan aplikasi Android, jadi jika Anda adalah pengguna Android, Anda akan menemukan ikatan yang bagus di antara kedua platform tersebut. Anda bisa mendapatkan sebagian besar aplikasi yang sama yang ada di ponsel Anda di Chromebook dan tetap menyinkronkan info di antaranya. Anda juga dapat menggunakan beberapa ponsel Android sebagai kunci keamanan untuk Chromebook atau menambatkan laptop Anda secara instan untuk menggunakan data seluler.

Google terus mempromosikan keamanan sebagai pembeda utama untuk Chromebook, dan menurut saya ini adalah faktor yang patut dipertimbangkan. Garis pertahanan pertama adalah pembaruan otomatis. Pembaruan Chrome OS diunduh dengan cepat di latar belakang dan hanya diperlukan reboot cepat untuk memasang versi terbaru. Google mengatakan bahwa setiap halaman web dan aplikasi di Chromebook juga berjalan di kotak pasirnya sendiri, sehingga setiap ancaman keamanan terkandung dalam aplikasi individual tersebut. Terakhir, Chrome OS memiliki pemeriksaan mandiri yang disebut Boot Terverifikasi yang berjalan setiap kali perangkat dinyalakan. Di luar semua ini, fakta sederhana bahwa Anda biasanya tidak dapat memasang aplikasi tradisional di Chromebook berarti semakin sedikit cara bagi aktor jahat untuk mengakses sistem.

Baca Juga :   Review Samsung Galaxy Z Flip 4 Lengkap

Adapun kapan harus menghindarinya, jawabannya sederhana: Jika Anda sangat bergantung pada aplikasi asli tertentu untuk Windows atau Mac, kemungkinan Anda tidak akan menemukan opsi yang sama persis di Chromebook. Itu paling benar di bidang seperti pengeditan foto dan video, tetapi bisa juga di bidang hukum atau keuangan. Banyak bisnis berjalan di perangkat lunak Google G suite, tetapi lebih banyak lagi yang memiliki persyaratan khusus yang mungkin tidak cocok dengan Chromebook. Jika Anda pengguna iPhone, Anda juga akan kehilangan cara iPhone mudah diintegrasikan dengan iPad atau Mac. Bagi saya, kerugian terbesarnya adalah tidak bisa mengakses iMessage di Chromebook.

Terakhir, Chromebook bukanlah mesin game yang ideal, meskipun menjadi pilihan yang sedikit lebih masuk akal dengan munculnya game cloud. Pada akhir tahun 2022, Google dan beberapa mitra perangkat keras mengumumkan dorongan untuk membuat Chromebook dengan mempertimbangkan cloud gaming. Dari perspektif perangkat keras, itu berarti laptop dengan layar lebih besar yang memiliki kecepatan refresh lebih tinggi serta mengoptimalkan laptop tersebut untuk bekerja dengan layanan seperti NVIDIA GeForce Now, Xbox Game Pass, dan Amazon Luna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *