Bagaimana Cara Kerja Internet? Berikut Adalah cara Kerjanya

Bagaimana Cara Kerja Internet? Berikut Adalah cara Kerjanya
Bagaimana Cara Kerja Internet? Berikut Adalah cara Kerjanya (Youtube)

KECEHINTECH – Bagaimana cara kerja internet video yang anda tonton menempuh jarak ribuan mil dari pusat data Google Untuk menjangkau anda mari kita belajar bagaimana cara kerja internet dengan memahami detail dari perjalanan data yang luar biasa ini, sebuah pusat data yang bisa jadi berjarak ribuan mil jauhnya dari Anda memiliki video Anda tersimpan di dalamnya.

Bagaimana data ini mencapai ponsel atau laptop anda untuk mencapainya adalah dengan menggunakan satelit dari pusat data sinyal dikirim ke Satelit melalui antena dan kemudian dari satelit sinyal dapat dikirim ke ponsel Anda melalui antena lain di dekat anda, namun cara mentransmisikan sinyal ini bukan ide yang baik mari kita lihat mengapa satelit terpasang hampir 22.000 mil di atas khatulistiwa bumi jadi data harus menempuh jarak 404000 mil.

Perjalanan yang begitu jauh menyebabkan penundaan yang signifikan dalam menerima sinyal lebih khusus akan menyebabkan letensi besar yang tidak dapat diterima sebagian besar aplikasi internet, jadi jika video ini tidak menjangkau anda melalui satelit, lalu bagaimana sebenarnya ia sampai pada anda.

Hal tersebut dilakukan dengan bantuan jaringan kabel serat optik rumit yang menghubungkan antara pusat data dan perangkat anda, ponsel anda dapat dihubungkan ke internet melalui data seluler atau router wi-fi apapun, tetapi pada akhirnya ponsel anda akan terhubung ke jaringan kabel.

Baca Juga :   Huawei MatePad Terbaru: Performa Unggulan dan Fitur Inovatif

Dari awal kami melihat bahwa video yang sedang anda tonton disimpan di dalam pusat data untuk lebih spesifik disimpan di perangkat Solid state, di dalam pusat data SSD ini bertindak sebagai memori internal server hanyalah sebuah komputer yang kuat, yang tugasnya menyediakan video atau konten tersimpan lainnya saat anda memintanya.

Sekarang tantangannya adalah bagaimana mentransfer data yang disimpan di pusat data khususnya ke perangkat anda melalui jaringan kabel straight optik, mari kita lihat caranya sebelum melangkah lebih jauh kita harus terlebih dahulu memahami satu konsep penting yaitu konsep alamat IP setiap perangkat yang terhubung ke internet.

Apakah itu server komputer atau ponsel diidentifikasi secara unik oleh serangkaian angka yang dikenal sebagai alamat IP anda bisa membayangkan alamat IP tersebut mirip dengan alamat rumah yaitu alamat yang secara unik mengidentifikasi rumah anda setiap surat yang dikirim kepada anda bisa sampai ke tangan anda. Justru karena alamat rumah anda demikian pula di dunia internet alamat IP bertindak sebagai alamat pengiriman tempat semua informasi mencapai tujuannya.

Baca Juga :   Berikut Ini Tips Jadi Blogger Sukses di Tahun 2023

Penyedia layanan internet anda akan memberikan alamat IP perangkat dan anda dapat melihat alamat IP yang diberikan ISP Anda ke ponsel atau laptop anda server di pusat data juga memiliki alamat IP server menyimpan situs web, sehingga Anda dapat mengakses situs web apapun hanya dengan mengetahui alamat IP server.

Namun sulit bagi seseorang untuk mengingat begitu banyak alamat IP sehingga untuk mengatasi masalah ini digunakanlah nama domain seperti youtube.com, facebook.com dan lain-lain yang sesuai dengan alamat IP yang lebih mudah untuk diingat daripada urutan angka yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *