Wisata  

Air Terjun Tumpak Sewu Wajib Anda Kunjungi

Air Terjun Tumpak Sewu! Spot Keren
Air Terjun Tumpak Sewu! Spot Keren (pinterest)

KECEHINTECH – Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekitar 120 meter. Air terjun ini berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki aliran air yang menyerupai tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, tetapi wisatan lebih memilih jalur Kabupaten Lumajang melalui Jalan Nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur, untuk menuju lokasi Air Terjun Tumpak Sewu.

Dan jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang, Dampit, Tirtomoyo, Pronojiwo, perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata. Air Terjun Tumpak Sewu mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus.

Baca Juga :   Wisata Danau Sentani Jayapura Paling Indah

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket yang cukup murah. Harga tiket berlaku sama untuk anak maupun dewasa. Tidak perbedaan antara hari biasa dan akhir pekan.

Tiket Masuk Wisatawan Domestik : Rp10.000
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : Rp20.000

Tiket Parkir

Parkir Motor : Rp5.000
Parkir Mobil : Rp10.000

Jam Buka

Air terjun ini dapat dikunjungi setiap hari, dari pagi hingga sore hari. Tetapi waktu yang untuk mengunjungi air terjun ini adalah di pagi hari. Karena pengunjung dapat menikmati suasana dan pemandangan air terjun yang indah.

Jam Operasional

Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Berbagai Fasilitas

Baca Juga :   Desa Menakjubkan Di Atas Tebing Batu, Apakah Kamu Berani Tinggal Disini

Fasilitas yang tersedia di area wisata ini antara lain seperti parkir, toilet, mushola, serta warung makan.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun ini berlokasi di Kampung Siji, Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 52 kilometer dari pusat kota lumajang, bisa ditempuh dalam waktu 1,5 Jam berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *