7 Makanan Khas Aceh Wajib Banget Kamu Coba

7 Makanan Khas Aceh Wajib Banget Kamu Coba
7 Makanan Khas Aceh Wajib Banget Kamu Coba (Pinterest)

KECEHINTECH – Nanggroe Aceh Darussalam provinsi Aceh ternyata memiliki makanan khas yang wajib banget kamu coba loh. Aceh yang terkenal dengan julukkan Kota Serambi Mekah ini merupakan pusat perdagangan lada atau berbagai rempah-rempah di Indonesia.

Dengan berbagai rempah-rempah tidak heran lagi makanan khas Aceh memiliki cita rasa yang khas dan lezat.
Jika kamu berkunjung ke Aceh tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menikmati berbagai menu atau makanan khas aceh yang wajib banget kamu coba.

Berikut 7 makanan khas aceh yang wajib banget kamu coba. Apa saja?

1. Mie Aceh

Mie aceh ternyata sangat terkenal di luar Kota Aceh ini merupakan masakan mie kuning pedas tebal dengan cara penyajiannya bisa memakai kuah atau di goreng.

Mie aceh ini sedikit tebal dengan tambahan makanan laut seperti udang dan cumi atau daging yang menambah cita rasa lebih lezat dari mie Aceh.

Mie Aceh dibumbui dengan berbagai macam rempah khas Aceh yang memiliki rasa yang khas ditambah dengan irisan sayuran. Cara penyajiannya biasanya ditaburi dengan bawang goreng, emping, mentimun dan potongan bawang merah.

2. Sie Reubuh

Sie Reuboh makanan khas Aceh ini terbuat dari rebusan daging sapi atau kerbau yang dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, merica, cabai rawit dan cabai merah.

Baca Juga :   10 Makanan Korea Selatan Wajib Kamu Coba Bikin Nagih

Sie Reubuh dalam bahasa Aceh yang artinya daging rebus yang merupakan makanan turun temurun. Masakan ini sangat populer menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

3. Sayur Pliek U

Sayur Plie U merupakan makanan khas Aceh yang bumbunya terbuat dari ampas kelapa parut yang telah melalui pemerasan minyaknya.

Sayuran ini dilengkapi dengan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun papaya, daun singkong dan kecombrang atau disajikan dengan siput.

4. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan makanan khas Aceh terbuat dari ayam goreng dengan bumbu rempah-rempah yang khas.

Ayam tangkap dilengkapi dengan dengan daun kari, daun pandan, dan daun salam koja. Ciri khas dari ayam tangkap ini dari cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering.

Makanan ini disajikan dengan daun yang menutupi ayam sehingga terlihat ayan diletakkan di bawah dedauanan.

Beberapa tempat di Aceh menamai ayam tangkap ini dengan istilah ayam tsunami karena masakan ini disajikan ditebarkan di piring seperti ketidakteraturan setelah bencana tsunami di Aceh.

5. Sate Matang

Disebut sebagai sate matang karena di populerkan di Kota Matang Geuleumpang Dua di sebuah Kota Kecamatan di Kabupaten Bireuen.

Sate matang khas Aceh terbuat dari daging sapi yang sangat unik karena disajikan dengan kuah soto matang yang gurih.

Baca Juga :   Kuliner Khas Bandung, Ternyata Begini Asal Usul Seblak

Selain menggunakan daging sapi, sate matang juga bisa diolah dari daging kambing. Daging sapi atau daging kambing sebelum di bakar akan diungkep dengan bumbu-bumbu khas Aceh.

6. Martabak Aceh

Martabak Aceh merupakan makanan khas Aceh yang sekilas berbentuk seperti telur dadar. Makanan ini terbuat dari tepung terigu yang dilengkapi dengan telur, berbagai jenis sayuran dan disajikan dengan acar bawang merah, cabai rawit.

Martabak Aceh ini cukup populer di luar Kota Aceh yang penyajiannya ditambah dengan gulai daging bumbu kari.

7. Roti Canai

Roti Canai merupakan makanan hasil pengaruh dari budaya Arab yang sudah menyatu dengan budaya Aceh.
Roti Canai terlihat mirip dengan roti Maryam khas Timur Tengah. Roti Canai terbuat dari campuran tepung terigu, mentega dan telur.

Roti Canai dibuat dengan sangat pipih kemudian di panggang dengan minyak. Roti ini biasanya disajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kari kambing. Sekarang roti canai memiliki berbagai varian seperti coklat, keju,durian dan berbagai varian lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *