6 Tanda Anda Menghadapi Mikromanipulator

6 Tanda Anda Menghadapi Mikromanipulator
6 Tanda Anda Menghadapi Mikromanipulator (Pinterest)

KECEHINTECH – Manipulasi dalam suatu hubungan bisa muncul dengan cara yang halus. Kami meminta seorang ahli psikologi klinis untuk berbagi cara spesifik Anda mengalami mikromanipulasi.

Apa itu mikromanipulasi?
Sementara manipulasi dalam suatu hubungan bisa terlihat jelas dan, sayangnya, terkadang kasar, manipulasi mikro adalah cerita yang berbeda. Ini halus dan tidak mudah dikenali, dan bisa datang dalam bentuk komentar atau pertanyaan pasif-agresif yang membuat Anda memikirkan kembali pemikiran atau nilai Anda.

Menurut Hillary Schoninger, LCSW, LCSW, MSW, manipulasi mikro paling umum terjadi pada narsisis, yang selalu berusaha menarik perhatian kembali pada diri mereka sendiri dan mengendalikan narasi di sekitar mereka.

Tetapi bagaimana Anda dimaksudkan untuk melacak manipulasi mikro dalam suatu hubungan jika itu dimaksudkan untuk menjadi halus? Kami meminta Schoninger untuk membagikan beberapa tanda yang harus diwaspadai, dan langkah apa yang harus diambil jika Anda dimanipulasi secara mikro.

Mereka menghubungi Anda tiba-tiba.
Dalam contoh yang diterbitkan di Psychology Today, mikromanipulator mungkin mencoba menarik perhatian Anda dengan menghubungi Anda secara acak. Misalnya, Anda sering dapat mengetahui apakah seseorang telah mengirim SMS kepada Anda untuk mendapatkan kembali radar Anda dan agar Anda mengirim SMS lagi. Ini bisa menjadi tanda mikromanipulasi.

Mereka mencari simpati atau empati.
Dalam beberapa kasus, momen kontak yang tiba-tiba itu juga bisa menjadi momen ketika mereka mencari simpati atau empati dari Anda, untuk menjaga perhatian Anda lebih lama.

“Ini selalu tentang mengalihkan narasi kembali kepada mereka apa yang membuat mereka merasa diberdayakan dan mungkin apa yang membuat mereka merasa mungkin menjadi korban,” kata Schoninger. “Apa pun yang mereka butuhkan, mereka akan melakukan yang terbaik untuk memanipulasi sehingga Anda bereaksi.”

Baca Juga :   Inilah Tips Mencegah Cacar Monyet dari Dokter

Pujian mereka sebenarnya tidak bagus.
Pernahkah Anda mendengar seseorang mengucapkan kalimat, “Berkatilah hatimu” tetapi tidak benar-benar bersungguh-sungguh? Jika Anda pernah mendengar seseorang mengatakan pujian tetapi nadanya tidak benar-benar cocok dengan pujian itu, itu dapat dengan mudah digunakan dalam manipulasi mikro.

“Bagi saya itu seperti agresi mikro, tetapi juga manipulatif karena Anda mencoba mengatakan sesuatu tetapi Anda tidak otentik,” kata Schoninger. “Itu seharusnya ucapan yang otentik dan diucapkan dengan kebaikan yang indah, tetapi Anda membuatnya kotor, dan itu manipulasi.”

Anda harus bekerja di sekitar jadwal dan kebutuhan mereka.
Jika Anda menemukan seseorang tidak akomodatif tentang waktu atau kebutuhan mereka dalam hubungan, mereka memaksa situasi tertentu untuk menyesuaikan dengan kehidupan mereka tanpa memperhatikan orang-orang di sekitar mereka yang sering dilihat Schoninger dengan kliennya.

Dia menawarkan contoh khusus tentang bagaimana seorang klien berjuang dengan ibu mertuanya, yang menolak untuk melihat cucu barunya di luar waktu yang ditentukan yang bekerja untuk neneknya. Namun alih-alih mengubah jadwalnya agar sesuai dengan kebutuhan bayi, ibu mertua malah menuduh klien tidak memberikan waktu bersama bayinya.

“Jadi seperti mengubah narasi sehingga ego mengatakan ‘Saya harus bertanggung jawab, saya perlu menjadi pemimpin’ dan tidak mempertimbangkan perasaan orang lain,” jelasnya.

Mereka membuatmu merasa bersalah.
Cara lain di mana seorang mikromanipulator memainkan “korban” adalah dengan membuat Anda merasa bersalah atas sesuatu, bahkan jika itu berarti menyulut Anda (artinya seseorang memanipulasi Anda secara psikologis sehingga Anda melihat situasi secara berbeda).

Bahkan jika Anda tahu mereka bukan korban dari suatu situasi, dan Anda tidak dapat disalahkan, seorang mikromanipulator dapat mengubah narasinya cukup untuk membuat Anda berpikir bahwa Andalah yang benar-benar harus disalahkan bahkan jika mereka menggunakan mikroagresi terselubung.

Baca Juga :   Berita Terbaru Banyaknya Air yang Anda Butuhkan dalam Sehari

Mereka membentuk kembali narasinya
“Jika Anda melihatnya secara keseluruhan, [manipulasi] selalu mengubah narasi atau plot sehingga Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan,” kata Schoninger. “Jadi, jika seorang narsisis manipulatif, mereka beroperasi dari tempat ‘OK, bagaimana saya bisa mengubah variabel apa pun sehingga saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?’ Terlepas dari apakah itu menyakiti orang.”

Meskipun halus, mikromanipulator dapat mencoba mengubah narasi di depan Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan entah itu dalam komentar atau pertanyaan kecil dan halus yang membuat Anda memikirkan kembali situasi atau peristiwa tertentu.

Bagaimana menangani mikromanipulator
Jika salah satu dari tanda-tanda ini menonjol bagi Anda, Schoninger mengatakan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengambil ruang untuk diri sendiri.

“Saya mengatakan bahwa langkah pertama selalu ada ruang untuk berpikir tentang menciptakan batasan,” katanya. Ketika Anda mulai merasa seperti ini, mulailah benar-benar masuk ke dalam dan membicarakannya kepada diri sendiri dan tanyakan pada diri sendiri apa yang dinamis ini ciptakan untuk diri Anda sendiri. Anda bisa memilih untuk beristirahat dan melihat bagaimana rasanya tidak berada di ruang di mana Anda mungkin merasa tidak berdaya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *